Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Pangkalpinang – Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal menggelar sidak ke sejumlah SKPD. Jika ditemukan pegawai maupun pimpinan SKPD merokok di dalam kantor langsung ditindak tegas. Bagi pegawai dikenakan denda Rp50 ribu atau kurungan sehari. Sedangkan jika pimpinan SKPD melanggar dikenakan denda sebesar Rp2 juta.

Harrie Patriadie Kepala Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan pegawai agar tidak lagi merokok di dalam ruangan kantor. Tahap awal, Satpol PP melakukan sosisalisasi Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 dan Peraturan Gubernur No 46 tahun 2016 yang mengatur mengenai kawasan tanpa rokok (KTR) tersebut.

“Sosialisasi ini merupakan tahapan pemahaman awal. Selanjutnya ada peningkatan pengawasan perda KTR. Agenda sosialisasi ini telah dimulai sejak Senin 17 Oktober 2016 hingga Jumat 21 Oktober nanti,” katanya saat monitoring sosialisasi KTR ke Dinas Kesehatan Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, Rabu (19/10/2016).

Penerapan perda dan pergub tentang KTR merupakan salah satu upaya pemerintah menekan perokok aktif dan berbagai penyakit berbahaya akibat asap rokok. Lebih jauh Harrie menjelaskan, setelah sosialisasi ada sidak rutin untuk melihat seberapa jauh sosialisasi dipahami pegawai dan pimpinan di masing-masing SKPD.

“Setelah sosialisasi, kita akan menyebar petugas untuk melihat apakah masih ada bekas puntung rokok dan asbak di dalam kantor. Jika masih ada akan diperingatkan dan bila masih saja dilakukan, diterapkan sanksi sesuai aturan,” tegasnya.

Aturan ini bukan melarang merokok, namun jangan merokok sembarangan di ruangan kantor. Ia menambahkan, Dinas Kesehatan telah menyebarkan 135 banner di seluruh SKPD lingkup Pemprov Bangka Belitung dengan rincian masing-masing mendapatkan tiga banner. Selain itu telah dibagikan sebanyak 800 lembar stiker.

Ada kawasan yang tidak diperbolehkan merokok dan ada kawasan yang disediakan bagi perokok. Disarankan pimpinan SKPD membuat tempat khusus bagi perokok agar tidak menggangu pegawai lain yang tidak merokok. Tempat khusus merokok tersebut dibuat di luar kantor atau tempat khusus lainnya.

“Jika tetap melanggar dikenakan sanksi. Pegawai dikenakan denda sebesar Rp50 ribu atau kurungan sehari dan pimpinan SKPD dikenakan denda Rp2 juta. Terkait penerapan aturan di internal Satpol PP, diupayakan semaksimal mungkin dapat menjadi contoh bagi SKPD lain,” tandasnya.


Sumber : babelprov.go.id

Bottom Ad [Post Page]