Ciptakan Suasana Aman,Nyaman,dan Tentram dalam Keluarga. - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Jumat, November 18, 2016

Ciptakan Suasana Aman,Nyaman,dan Tentram dalam Keluarga.

INRADIOFM.COM, Pangkalpinang - Kekerasan dalam rumah tangga baik terhadap anak dan perempuan masih sering kita dengar di negeri tercinta kita ini tanpa kecuali di negeri serumpun sebalai yang kita cintai.

Suhartini, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana mengatakan kasus-kasus yang masuk, kebanyakan kasus yang masih di lakukan dengan cara mediasi, jika pun sudah sampai di tangani kepolisian pihaknya hanya melakukan pendampingan.

"Kasus yang kami mediasikan yakni kasus yang masih bisa di damaikan seperti kasus sengketa, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan sebagainya, apabila kasus tersebut tidak bisa diselesaikan maka kami akan limpahkan pada Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA)," ujar Suhartini, Selasa (15/11).

Lanjutnya, untuk kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan sendiri di kota Pangkalpinang menurut data yang masuk pada tahun 2015 mencapai 51 kasus diantaranya ada 18 kasus yang ditangani Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang dinaungi oleh BPMPKB dan 33 kasus kasus yang melibatkan Kepolisian.

"Untuk kasus tertinggi banyak terdapat pada kategori kekerasan fisik yang melibatkan perempuan dan anak, di lanjutkan kekerasan seksual ,kekerasan psikis, eksploitasi dan penelantaran," paparnya.

Sedangkan untuk ditahun 2016 hingga bulan November, sudah masuk laporan 18 kasus diantaranya kekerasan psikis terhadap anak 10 kasus, kekerasan psikis terhadap perempuan 8 kasus serta 1 kasus kekerasan psikis terhadap laki-laki dewasa (kasus perebutan anak).

"Kami masih menunggu laporan dari pihak kepolisian yang dilaporkan per semester atau enam bukan sekali, dan kami berharap tidak ada lagi penambahan kasus kekerasan," harapnya.(Erwin)