Horeee, Insentif Akhir Tahun Guru TPA di Beltim Cair - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Desember 22, 2016

Horeee, Insentif Akhir Tahun Guru TPA di Beltim Cair

INRADIOFM.COM, Manggar, Beltim – Sebanyak 518 orang guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) se-Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima insentif guru TPA. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Beltim, Yuslih Ihza kepada 7 orang perwakilan guru TPA dari setiap kecamatan di Auditorium Zahari MZ, Kamis (22/12).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah, Asmayati menjelaskan total anggaran insentif guru TPA yang diberikan berjumlah Rp 932.400.00. Jumlah ini merupakan pembayaran insentif selama 6 bulan untuk 518 guru TPA.

"Tiap guru kita berikan insentif Rp 300.000 per bulan, untuk setiap guru. Totalnya masing-masing dapat Rp 1,8 juta. Total anggaran insentif guru TPA Tahun 2016 ini sekitar Rp 1,8 milyar," jelasnya.

Ia mengatakan mengingat pencairan insentif hanya bisa dilakukan per enam bulan sekali, maka tahun 2017 mendatang diperkirakan guru-guru TPA baru akan menerima insentif setelah lebaran. Menurutnya hal ini harus ditekankan agar tidak timbul prasangka dan fitnah dikemudian hari.

"Tahun depan pencairan sesudah lebaran. Kita tidak bisa melakukan pencairan mengingat pengajuan insentif baru bisa setelah masa enam bulan, jadi bisanya di Bulan Juli. Kita tidak ingin ada yang politisir masalah ini," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Beltim 
Yuslih Ihza mengatakan pemberian insentif merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah daerah, dengan harapan guru TPA dapat meningkatkan semangat kerjanya. Ia menekankan Pemkab Beltim akan terus mendukung perkembangan TPA yang ada di Kabupaten Beltim.

"Selama ini guru-guru TPA sudah menunjukkan kerja kerasnya dengan mendidik dan saya melihat ada kemajuan. Ini juga bagian dari kita untuk memotivasi pengajar TPA, dalam menciptakan genrasi cerdas dan berakhlak," ujarnya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung tersebut mengakui jika insentif yang diserahkan tak sebanding dengan perjuangan dan pengabdian guru-gur TPA. Namun, Ia meyakini jika guru-guru TPA murni melaksanakan tugasnya semata-mata karena untuk memperoleh keridhoan Allah SWT.

Walaupun demikian, Ia tetap mengupayakan agar ada kenaikan untuk insentif para guru TPA. Namun, Ia tidak bisa menjanjikan karena tetap akan melihat bagaimana kondisi keuangan daerah di tahun 2017 nanti.

"Jika di anggaran induk 2017, saya lihat belum bisa dinaikkan jumlahnya tetap segitu (Rp 300 ribu perbulan). Cuman kita lihat saja nanti pas anggaran perubahan, jika memungkinkan Insyallah kita alokasikan," terangnya. (@2!)

Sumber : Humas Beltim