LPS, Bikin Rasa Aman Simpan Uang di Bank - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Desember 28, 2016

LPS, Bikin Rasa Aman Simpan Uang di Bank

Inradiofm.com, Jakarta - Menyimpan uang di bank kadang masih ada rasa cemas, aman nggak ya? Tapi kini Anda tidak perlu ragu lagi karena ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lembaga ini beroperasi di Indonesia sejak tahun 2005 agar masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan di bank.
LPS, Bikin Rasa Aman Simpan Uang di Bank
Kini semua bank yang beroperasi di Indonesia telah menjadi peserta penjaminan LPS, baik konvensional ataupun bank syariah. Penasaran dengan cara LPS 'menjamin' simpanan Anda di bank?
Besar nilai simpanan yang dijamin adalah maksimal Rp. 2 Miliar per nasabah per bank. Nah, simpanan yang dibayar tentu saja yang memenuhi syarat layak bayar penjaminan. Syaratnya sebagai berikut ya:

1. Tercatat dalam pembukuan bank
2. Bunga yang diperoleh tidak melebihi bunga yang ditentukan LPS*
3. Tidak ikut menyebabkan bank menjadi gagal (misal kredit macet)
*Pembatasan bunga tidak berlaku untuk simpanan di Bank Syariah
Simpanan yang dijamin oleh LPS adalah tabungan, deposito, giro dan jenis simpanan lainnya yang dipersamakan. Produk simpanan dari bank syariah juga termasuk dalam salah satu jenis simpanan yang dijamin kok.
Jika ingin mendapatkan jaminan dari LPS, berikut prosedur yang harus dilakukan:
1. Memeriksa saldo tabungan kita di bank (rekonsiliasi) dengan cara mencetak buku tabungan secara periodik (misal: sebulan sekali), hal tersebut juga dapat mengurangi kemungkinan ketidakcocokan catatan kita dengan bank.
2. Cek bunga LPS di www.lps.go.id dan di bank, selanjutnya minta ke bank agar bunga yang diberikan adalah bunga LPS.
3. Tidak punya kredit macet, dengan cara lunasilah kewajiban tepat waktu.
http://www.lps.go.id/ (Photo. KONTAN/Baihaki)
Jika bank yang Anda pilih dicabut izin usahanya, LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi untuk menentukan simpanan yang layak dan tidak layak dibayar. Penetapan hasil ini biasanya membutuhkan 90 hari kerja sejak bank dicabut izin usahanya.
Nasabah juga diberikan waktu 5 tahun untuk mengajukan klaim sejak bank dicabut izin usahanya. Jika ingin mengajukan klaim, pastikan Anda harus membawa bukti kepemilikan simpanan. Misalnya buku tabungan atau bilyet deposito serta kartu identitas diri.
Dengan hadirnya LPS, kini kamu bisa makin tenang menyimpan simpanan uang di bank. Yuk segera daftarkan diri agar simpanan dijamin oleh LPS!
Merdeka.com I HK