Perempuan Mampu Menjadi Penggerak Perubahan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Desember 22, 2016

Perempuan Mampu Menjadi Penggerak Perubahan


INRADIOFM.COM, Pangkalpinang – Perempuan mampu menjadi penggerak perubahan dalam berbagai kehidupan berbangsa serta bernegara. Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar, memahami, memiliki hak dan kewajiban sama dengan laki-laki. Peringatan Hari Ibu hakekatnya mengingatkan rakyat Indonesia akan makna Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa.

Hal tersebut dikatakan Yan Megawandi, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/12).

"Saat ini telah banyak keberhasilan dan kemajuan dicapai perempuan Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri, kondisi perempuan dan anak sebagai kelompok masyarakat rentan dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif," jelasnya.


Yan Megawandi (photo by. Nona Dian Pratiwi)
Yan berharap semua elemen masyarakat menyadari pentingnya berbagai upaya melindungi perempuan dan anak dari berbagai bentuk tindak kekerasan. Peringatan Hari Ibu merupakan perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai apresiasi atas gerakan itu peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional.

Peringatan Hari Ibu hendaknya dapat mendorong semua pemangku kepentingan memberikan perhatian, pengakuan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Ia mengatakan, peringatan ini dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan.

"Melalui peringatan Hari Ibu ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik di dalam keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara. Ini untuk mewujudkan Indonesia berdaulat dan mandiri," tegasnya.