Plt Gubernur Babel Kukuhkan Satgas Saber Pungli - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Desember 21, 2016

Plt Gubernur Babel Kukuhkan Satgas Saber Pungli

INRADIOFM.COM, Pangkalpinang - Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr Yuswandi A. Temenggung mengukuhkan unit Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam Pangkalpinang, Rabu (21/12).

Keanggotaan organisasi unit Satgas Saber Pungli tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berjumlah 41 personil ini, ketua pelaksana dijabat Irwasda Polda Babel Komisaris Besar Polisi Mustofa dibantu wakil ketua masing – masing Haryoso (Inspektur Provinsi Babel) dan Meiza Khoirawan (Asisten Bidang Pembinaan Kejaksaan Tinggi Babel).

Selain itu juga dibantu sejumlah kelompok kerja berasal dari unsur Pemerintah Provinsi, Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi, Badan Intelijen Daerah, Perguruan Tinggi, Polisi Militer TNI AD, AU, AL dan Ombudsman Bangka Belitung.

Satgas Saber Pungli tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor : 188.14/1175/INPT/2016 tanggal 17 November 2016 tentang Pembentukan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditandatangani oleh Dr. Yuswandi A. Temenggung.

Plt. Gubernur Yuswandi dalam sambutanya mengharapkan Satgas Saber Pungli dapat menjadi unit dengan kinerja baik serta terus membenahi dan memperbaiki pelayanan publik.

Pelayanan publik yang baik, menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri ini harus didukung pula dengan sistem dan kinerja yang baik, begitu juga kondisi saat ini harus ditunjang dengan kemampuan personal dalam melayani secara profesional.

Yuswandi juga mengingatkan ketidak teraturan dalam memberikan layanan publik dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Makna lebih jauh pembentukan Satgas Saber Pungli ini untuk memberikan kepastian bagi seluruh masyarakat bahwa layanan itu ada koridor –koridornya, “paparnya.

Yuswandi berharap Satgas Saber Pungli ini dapat bekerja secara bersinergi lintas sektor dengan meningkatkan koordinasi diantara sesama anggota dalam pelaksanaan tugasnya.

Yuswandi berharap melalui kejadian penindakan pungutan liar di tempat lain seperti yang diberitakan media massa dapat memberikan pelajaran bagi kita semua sehingga memberikan efek jera agar tidak melakukannya.

Pungutan liar, sebut Yuswandi dapat merusak sendi – sendi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara oleh karena itu dirinya berharap Satgas Pungli yang telah dikukuhkan dapat efektif menjawab tantangan bahwa esok itu lebih baik, apapun kontribusi dan kondisinya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Selaku penanggungjawab tim, Yuswandi mengingatkan kepada seluruh anggota Satgas Saber Pungli agar bekerja dan mendedikasikan diri secara tulus.

“Harapan saya Tim Saber Pungli bekerja dari hati, maka hasil yang akan dicapai tentu lebih baik,“ imbuh Yuswandi.

Kepada masyarkat, dirinya menghimbau untuk tidak terlibat dalam kegiatan pungli, salah satunya dengan cara menolak praktek – praktek yang menjurus pada pungli. Dengan cara tersebut masyarakat sudah menunjukkan peran aktifnya ikut membantu memberantas pungli.

Pada acara tersebut, selain para anggota Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan juga tampak hadir Jajaran Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sejumlah pejabat eselon II kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Babel, sejumlah pimpinan instansi vertikal dan undangan penting lainnya. (Sentosa) 


Sumber : HumasPro BABEL