Plt. Gubernur Ingin Babel Selalu Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Desember 21, 2016

Plt. Gubernur Ingin Babel Selalu Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru

INRADIOFM.COM, Pangkalpinang – Sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan Tahun Baru di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan rapat kordinasi lintas sektoral dalam rangka pengaman natal 2016 dan tahun 2017 yang dilaksanakan di ruang Tribrata Mapolda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/12).

Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Yuswandi A Temenggung dalam rapat tersebut mengatakan banyaknya ancaman keamanan dan ketertiban yang saat ini terjadi secara global, regional maupun nasional yang mengatasnamakan keagamaan agar dapat diantisipasi sehingga tidak terjadi, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Secara nasional banyak ancaman yang terjadi berupa upaya provokasi atau mengarah kepada upaya -upaya reaktif sekelompok orang terhadap isu-isu keagamaan secara global, regional begitu juga nasional lebih khusus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar selalu kondusif” ungkap Yuswandi.

Ditambahkan koordinasi lintas sektoral ini diperlukan dalam meningkatkan sinergitas Polri, TNI, pemerintah serta dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan perayaan natal dan tahun baru sehingga keamanan dan ketertiban dapat terwujud di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yuswandi berharap kepada seluruh peserta rapat koordinasi lintas sektoral ini agar menyebarluaskan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang natal dan tahun baru.

“Mari kita jaga momentum persiapan menyambut natal 2016 dan tahun baru 2017,” ajaknya.

Sementara itu Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) Drs Anton Wahono Sudarminto mengatakan isu isu keagamaan saat ini berkembang secara global dengan adanya peledakan bom di 4 negara yaitu di Istambul Turki, Kairo Mesir , Aden Yaman, serta Mogadishu Somalia.

Dipaparkan Kapolda, secara nasional pada tahun 2015 beberapa gereja mendapat ancaman bom, selain itu juga simbol-simbol pemerintah, hal ini menunjukkan adanya upaya mengganggu keamanan.

Kapolda berharap dengan pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral ini mampu mengumpulkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga natal 2016 dan tahun baru 2017 dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Semua elemen masyarakat harus bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tegas Anton Wahono.

Komandan Korem 045 Garuda Jaya, Kolonel Inf Tjaturputra Gunadi Genah dikesempatan itu dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Polri yang berhasil mereduksi dan meniadakan rencana serentak yang dilakukan ISIS dan menggungkap beberapa pelaku yang merencanakan pengeboman pada pergantian pengawalan presiden dimana seorang wanita ikut serta sebagai pelaku.

“Terkait dengan pengamanan yang akan dilaksanakan dalam menyambut natal 2016 dan tahun baru 2017, maka TNI akan mendukung pengamanan dan menjaga kestabilan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, “tegasnya.

Tampak hadir pada rakor terebut, Forkompimda Babel, sejumlah pejabat kepala SKPD di lingkup Pemprov Babel, jajaran pejabat Polda Babel, tokoh agama, tokoh masyarakat dan organinsasi massa. (Sentosa)
 

Sumber : HumasPro BABEL