Jalan Utama Muntok Putus, Pemprov Babel Bangun Jembatan Darurat - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Sabtu, Januari 28, 2017

Jalan Utama Muntok Putus, Pemprov Babel Bangun Jembatan Darurat

Inradiofm.com, PANGKALPINANG - Banjir yang terjadi hari ini, Sabtu (28/1) memutus jembatan di jalan utama yang menghubungkan antara Muntok, Bangka Barat dengan kota Pangkalpinang. Pemprov Babel membangun jembatan darurat, untuk mengatasi hal tersebut.

Kondisi Jembatan Yang Putus (Photo. M. Ali)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Babel, Hasanuddin saat meninjau lokasi jembatan putus di Desa Mayang, mengatakan Pemprov Babel akan segera membangun jembatan darurat dgn bentangan sepanjang 15 meter, dan jembatan yang dibangun yaitu jenis jembatan bailey agar lalu lintas kembali lancar. "Jembatan itu tinggal dipasang, sambil menunggu arus air sedikit mereda. Kalau lagi kencang begini, kita nggak bisa kerja,” ujar Hasanuddin.

Jembatan Bailey merupakan jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah, sangat strategis dalam menunjang pembangunan di pelosok daerah yang sulit dijangkau dan juga sangat cepat pemasangannya untuk membantu daerah-daerah rawan bencana alam.


Berita terkait : Foto : Banjir di Muntok Bangka Barat, Sabtu (28/1).

Struktur jembatan yang bersifat temporary dan portable inilah yang menjadikan jembatan panel bailey ini sangat dibutuhkan di daerah-daerah yang sulit dijangkau dan memerlukan penanganan yang cepat dan terukur.

"Untuk penanganan jalan nasional mau pakai jembatan bailey dan sekarang lagi diangkut ke lokasi serta sementara ditutup dan dipasang rambu 2 dua arah agar tidak terjadi kecelakaan," ujar Hasanuddin sore tadi.

Ditambahkannya, jalan nasional ada 2 jembatan yang rusak, yaitu jembatan desa Mayang dengan oprit yang tergerus, sementara jembatannya masih bagus, dan satu jembatan di desa Air barak dengan kondisi jembatan ambruk yang semula memiliki bentangan 12 meter, karena tergerus banjir menjadi membentang sekitar 25 meter.

Jalan alternatif menuju ke kota Muntok dapat melalui jalan simpang pelangas, sementara sedang dibangunnya jembatan bailey tersebut.

Sumber : Humas Pro Babel
Editor : HK