Sekda Babel: Provinsi Babel Siap Sukseskan Pilkada - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Januari 17, 2017

Sekda Babel: Provinsi Babel Siap Sukseskan Pilkada

Inradiofm.com, PANGKALPINANG – Untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada 15 Februari 2017 secara maksimal, Desk Pilkada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat pertemuan di Ruang Posko Desk Pilkada Babel, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Gambar - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sumber : KPU Babel)
Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam arahannya menjelaskan Tim Desk Pilkada dibentuk atas arahan Menteri Dalam Negeri yang akan membantu kelancaran pilkada di Babel.

“Babel akan kedatangan Tim Desk Pilkada dari Kementerian Polhukam pada tangggal 18 – 19 Januari 2017. Maka kita harus mempersiapkan secara matang dengan memberikan informasi terkini dan terakurat terhadap kesiapan pilkada Gubernur Babel. Selain itu,kita perlu mengecek efektivitas SK yang dibentuk karena SK tersebut hendak kita sesuaikan dengan SOTK baru”, ungkapnya.

Sementara itu, Assisten I Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Haryoso menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan menyambut kedatangan Tim Desk Pilkada dari Kementerian Polhukam. Diantaranya permasalahan kependudukan dan DPT, pendanaan untuk pilkada serta keamanan dan ketertiban pilkada.

"DPT Pilkada Gubernur Babel sudah ditetapkan secara pleno oleh KPU Babel sebanyak 915.853 DPT, walaupun masih terjadi masalah DPT namun semua permasalahan tersebut sudah diselesaikan oleh pihak Dukcapil. Dan Tim Desk Pilkada Babel akan semaksimal mungkin mensukseskan hajat demokrasi tahun ini dengan melibatkan unsur KPU, Bawaslu, Pihak Kepolisian dan TNI. Kita yakin bahwa jika semua pihak mampu bekerjasama dengan baik maka semua permasalahan akan mampu kita selesaikan", lanjutnya.

Di kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol, Tarmin AB menyampaikan kesiapan dalam menyambut kedatangan Tim Desk Pilkada Kementerian Polhukam. Dalam kesempatan tersebut, Tarmin menyampaikan tentang dukungan anggaran yang diterima oleh KPU, Bawaslu dan Kepolisian.

Provinsi Babel telah mengalokasikan dana bantuan hibah untuk ketiga lembaga tersebut, dimana bantuan dana pilkada untuk KPU sebesar Rp. 88.663.139.000, untuk Bawaslu sebesar Rp. 35.764.855.000 dan untuk keamanan yang diterima oleh Polda Babel sebesar 14 Milyar", ungkapnya. 

Selanjutnya mantan Kepala BKD Babel tersebut juga menyampaikan dukungan ASN Provinsi Babel yang diperbantukan di KPU dan Bawaslu, dimana ada 16 orang ASN yang diperbantukan di KPU dan sebanyak 9 ASN yang diperbantukan di Bawaslu.

Sebagai bentuk keseriusan Tim Desk Pilkada, maka pada akhir bulan ini akan disusun jadwal tim untuk melakukan monitoring dan pemantauan yang akan melibatkan seluruh tim, yaitu Sekretariat Daerah (Sekda, Assisten I, Staf Ahli, Biro Pemerintahan, Biro Hukum, Biro Humas dan Protokol), Badan Kesbangpol, Satpol PP, Dinas Kominfo, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Kependudukan dan Catatan Sipil.


Sumber : Dinas Kominfo Babel