Sekda Babel Tinjau Langsung Lokasi Banjir Muntok - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Minggu, Januari 29, 2017

Sekda Babel Tinjau Langsung Lokasi Banjir Muntok

Inradiofm.com, Muntok BANGKA BARAT - Sekda Pemprov Babel, Dr Yan Megawandi melakukan peninjauan dan pemantauan langsung lokasi banjir di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok Bangka Barat, Minggu (29/1).



Sekda didampingi Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, Anggota DPRD Babel Aryanto, Sekda Bangka Barat, Kepala DPRKP Babel (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman), serta Kepala Dinas PU Bangka Barat.

"Semua tim yang ada dibagi menjadi dua, satu ke bangka barat dan satunya lagi ke sungailiat," ujarnya.

Sementara Bapak Delwin Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui telepon menyampaikan data terkait banjir yang terjadi di Kabupaten Bangka Barat, Kecamatan Muntok. Dimana lokasi yang ditangani yaitu di Kelurahan Tanjung, meliputi Dusun Tanjung Laut, Dusun Teluk Rubiah, Kampung Ulu, Gg. Sadar dan Pasar Tengah. Kemudian Kelurahan Sungai Daeng, yaitu Dusun Culong, Kampung Baru dan Jl. Kejaksaan. Selanjutnya Dusun Belo Laut ; Dusun1, Dusun 2 dan Dusun 3.

Dengan korban yang terdampak banjir tersebut, yaitu di Kelurahan Tanjung (Tanjung Laut 524 Jiwa, Kampung Ulu 200 Jiwa, Teluk Rubiah 97 Jiwa, Gg Sadar 140 Jiwa, dan Pasar Tengah 56 Jiwa. Sementara di Kelurahan Sungai Daeng 
(Culong = 200 jiwa, Kp. Baru = 15 jiwa, kejaksaan = 12 jiwa). "Kalau di Desa Belo Laut, Dusun 1,Dusun 2,Dusun 3,korban yang terdampak banjir ada 703 Jiwa," katanya. 

Tercatat ada 3 jembatan yang putus, yaitu dua di Desa Mayang dan satu di Desa Belo Laut. Selanjutnya dua jembatan yang mengalami abrasi yaitu satu di Pal.6 Desa Air Belo, dan satu di Belo Laut, dengan TMA pada saat kejadian 200 CM.

Delwin menambahkan upaya yang dilakukan oleh BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan BPBD Bangka Barat, Basarnas, Dinsos, Tagana, Kesehatan dan Lingkungan Hidup, mengevakuasi korban dan melakukan pendataan.


"Kondisi mutakhir saat ini untuk posko pengungsi terdiri dari 3 posko, yaitu Posko Tebing, Posko Culong dan Posko Belo Laut, dan kondisi air sudah mulai berlangsung surut sejak pukul 12 siang tadi," terangnya.


Reporter : Johnmen
Editor : HK