Tim Pilkada Babel Diminta Tingkatkan Pemantuan Konflik - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Januari 20, 2017

Tim Pilkada Babel Diminta Tingkatkan Pemantuan Konflik

PANGKALPINANG - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM RI meminta Tim Desk Pilkada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pemantauan terhadap potensi konflik, guna menjaga kondusivitas keamanan pesta demokrasi di Bangka Belitung.

"Sejauh ini kita lihat situasi dan kondisi pilkada di Babel cukup kondusif dibanding beberapa daerah lain," kata Ketua Bidang Keamanan Tim Desk Pilkada KEMENKO POLHUKAM RI Syafiul di Pangkalpinang, Rabu (18/1) lalu.

Ilustrasi PILKADA (Photo.KPU)
Dijelaskannya Tim Desk Pilkada ini bertugas memantau jalannya tahapan dan pelaksanaan pilkada di daerah serta melihat ada tidaknya permasalahan, seperti disharmonisasi pilkada dan masalah kualitas serta kuantitas SDM hingga kesiapan infrastruktur.

"Kita harus memantapkan perencanaan terhadap tahap akhir pelaksanaan pilkada meski segala persiapan sudah sesuai prosedur," ujarnya.

Menurut dia kondisi tahap akhir pelaksanaan pilkada di Babel tidak mengkhawatirkan karena konlik permasalahan yang muncul tidak seperti di daerah lainnya sehingga pihaknya yakin pelaksanaan pilkada di Babel akan berjalan lancar.

"Kami melihat di Babel tidak ada masalah yang signifikan seperti di beberapa daerah yang sudah terjadi konflik. Kita yakin Babel dapat melaksanakan pilkada dengan aman dan lancar," ujarnya.

Ia mengharapkan, KPU, Bawaslu dan aparat keamanan bersinergi bersama tim desk pilkada agar pengawasan dan pemantauan tahap akhir pilkada lebih optimal.

"Sinergitas antarinstansi terkait dari Bawaslu, KPU, Polri dan TNI dengan tim desk pilkada sangat kita harapkan agar pelaksanaan pilkada 2017 berjalan aman dan lancar," harapnya.

Sumber : ANTARA l HK