75 Pelajar SD/MI Se Bangka Ikuti Lomba Bercerita - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, Februari 20, 2017

75 Pelajar SD/MI Se Bangka Ikuti Lomba Bercerita

INRADIOFM.COM, SUNGAILIAT- Sebanyak 75 pelajar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se Kabupaten Bangka mengikuti lomba bercerita yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Senin (20/2) di Hotel Novilla, Jalan Laut Kampung Pasir Sungailiat, yang dibuka oleh Wakil Bupati Bangka Rustamsyah.
Wabup Bangka berfoto bersama panitia dan peserta lomba, Hotel Novilla Sungailiat, Senin (20/2).
Dalam sambutannya, Wabup Bangka Rustamsyah mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan ini, dikarenakan saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang secara pesat sehingga lomba ini dapat membangkitkan kembali nilai-nilai budaya lokal agar tidak tergerus dengan perkembangan teknologi.

Selain itu para pelajar SD/MI yang mengikuti perlombaan tersebut dapat mengetahui hikayat-hikayat orang-orang terdahulu yang menceritakan tentang Kabupaten Bangka Provinsi Babel dan dapat memacu kreatifitas pelajar.

"Terus kembangkan diri dan dalam lomba ini juga bisa bercerita sesuai konsep dan gunakan bahasa diri sendiri sehingga muncul budaya lokal khas Bangka. Bahasa Bangka ini beraneka raga dan harus terus dilestarikan," ucap Rustamsyah.

Dalam kesempatan itu juga, Wabup Bangka mengintruksikan kepada panitia pelaksana agar mengajak anak-anak yang menjadi peserta lomba tersebut berkunjung ke kantor Bupati Bangka seusai penutupan kegiatan dan akan disambut oleh Wakil Bupati Bangka.

"Semoga ini menjadi kenang-kenangan terindah karena bisa datang dan berkunjung ke Kantor Bupati Bangka. Rajin-rajinlah membaca karena membaca adalah jendela menuju kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Mapilindo mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta agar dapat lebih memahami cerita-cerita daerah yang di Babel yang merupakan salah satu peninggalan warisan budaya dan kenangan sejarah adat budaya.

Perlombaan itu juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak negeri terhadap budaya daerah di samping untuk meningkatkan pengetahuan, minat serta kegemaran membaca, dapat mengambil pelajaran baik dari setiap cerita yang dibawakan, dan dapat mempertebal rasa percaya diri dan keberanian.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 20 sampai 23 Februari 2017 dengan juri Zalfika Amiya, dia adalah pengarang buku kelahiran Sungailiat, lalu ada Runi Alcitra Amalia seorang pustakawan, serta Hermanto dari Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Bangka," jelas Mapilindo.
Wabup Bangka Rustamsyah saat mengalungkan tanda pesera, Hotel Novilla Sungailiat, Senin (20/2).
Dalam kegiatan yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta perwakilan SKPD lingkungan Pemda Bangka, Wabup Bangka juga melakukan pengalungan tanda peserta kepada 2 orang pelajar dan turut menyaksikan salah satu peserta yang unjuk kebolehan dalam lomba bercerita tersebut.

Penulis : M. Anshori
Photographer : M. Anshori
Editor : HK