BKD Beltim Bantah Rahasiakan Pelantikan Sekda - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Minggu, Februari 05, 2017

BKD Beltim Bantah Rahasiakan Pelantikan Sekda

Inradiofm.com, Manggar BELTIM - Adanya isu pelantikan Sekretaris Daerah Belitung Timur dan beberapa pejabat Esselon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Beltim yang akan dilakukan secara rahasia dan tertutup, dibantah langsung oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Beltim, Zikril. Ia menekankan jika dalam waktu dekat ini kemungkinan memang akan dilaksanakan pelantikan, namun kepastian waktunya masih menunggu instruksi Bupati Beltim, Yuslih Ihza.

Sekretaris sekaligus Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Beltim, Zikril
Sebelumnya sempat beredar berita di media online, dan media sosial yang menyatakan jika rencana pelantikan Sekda dan pimpinan SKPD di Kabupaten Beltim terkesan rahasia.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/2) lalu, Zikril yang juga merupakan Plt. Kepala BKD Beltim menyatakan kalau pelantikan pejabat pemerintah atau pejabat publik tidak bisa dilakukan secara rahasia. Semuanya akan terbuka pada saat pelaksanaan pelantikan digelar.

"Tidak ada pelantikan rahasia-rahasiaan. Kalau sudah ada perintah Bupati langsung kita laksanakan. Jadwal disiapkan, undangan disebar, spanduk dibikin, wartawan juga dipersilakan meliput pas pelaksanaan," katanya.

Zikril tak membantah jika sebelumnya Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Beltim sudah menggelar rapat. Ia mengungkapkan ada kemungkinan pelantikan bukan hanya untuk pejabat esselon II, namun juga esselon III dan IV.

"Belum pasti jumlah yang akan dilantik. Kita juga sebelumnya sudah mengirimkan surat ke SKPD-SKPD terkait jabatan esselon yang sebulan kemarin dikukuhkan. Kita ingin dapat kajian evaluasi, apakah yang dapat promosi sudah tepat di posisinya sekarang. Namun tidak bisa sekaligus, itu harus bertahap," terangnya.

Terkait rencana pergantian Sekda, Zikril juga mengakui jika Bupati sebelumnya sudah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Gubernur. Ia menyatakan kewenangan penentuan Sekda menjadi kewenangan Bupati, namun tetap harus sepengetahuan Gubernur.

"Bupati sudah kirim surat, intinya konsultasi ke Gubernur. Tentunya kalau menyangkut Sekda tidak mudah, soalnya pimpinan PNS tertinggi di lingkup Pemkab Beltim," ungkapnya.

Menurutnya kemungkinan untuk jabatan Sekda akan menggunakan metode seleksi. Ia pun meminta agar bahasa lelang tidak dipergunakan.

"Tidak ada bahasa lelang, menurut aturan yang ada seleksi terbuka. Kalau seleksi tertutup namanya jobfit, itu teknis. Cuman sekali lagi ini kewenangan Bupati, yah kita berharap secepatnya," ujarnya.

Sumber : Diskominfo Beltim
Penulis : @2!
Editor : HK_in