Plt Gubernur Hadiri Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pilkada 2017 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Februari 01, 2017

Plt Gubernur Hadiri Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pilkada 2017

Inradiofm.com, JAKARTA – Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr Yuswandi A. Temenggung menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2017 yang berlangsung di Ruang Birawa, Hotel Bidakara Jakarta (31/1/2017). Kegiatan ini, dibuka dan ditutup oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Mendagri, Tjahjo Kumolo Saat Penyampaian Materi. Hotel Bidakara,Jakarta (31/1) - Foto. Lulus HumasPro
Rakornas yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini, juga dihadiri Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua DKPP, Panglima TNI, Kapolri Polri, Kejaksaan serta para Gubernur serta Bupati/Walikota dan istansi terkait dari 101 daerah pelaksana Pilkada Serentak 2017.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pilkada sangat penting, demi menyukseskan pelaksanaan Pilkada. "Pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia diadakan lebih kepada efisiensi penyelenggaraannya," ungkap Wapres.

Wapres juga berharap melalui Pilkada Serentak, Indonesia dapat menjaga kualitas demokrasi, dan proses demokrasi bisa tumbuh jika prosesnya dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan seluruh pemangku kebijakan, baik penyelenggara, pengamanan, maupun pengawas Pilkada, sudah melakukan persiapan dengan baik. Pentingnya sinergi dengan instansi-instansi terkait, harus dilakukan agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Pilkada Serentak Kepala Daerah di 101 provinsi atau kabupaten/kota harus koordinasi dengan instansi dan komponen terkait," tegasnya.

Menkopolhukam Wiranto dalam materinya menyampaikan bahwa Pilkada adalah tolak ukur kemampuan Indonesia mengaplikasikan nilai demokrasi. "Keberhasilan demokrasi suatu negara dilihat dari berhasil atau tidaknya melaksanakan Pilkada serentak. Kalau penyelenggaraannya baik, artinya negara sudah berhasil menjalankan demokrasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sama, Kapolri Jendral Pol. Tito Kanarvian mengungkapkan, aparat penegak hukum telah mengantisipasi adanya sejumlah konflik ataupun yang berpotensi menimbulkan konflik dengan menyiapkan langkah baik pra pemilu pencoblosan 15 Februari, maupun pascapemilu.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang juga hadir dalam kesempatan itu, menyatakan kesiapan TNI membantu Polri mengawal Pilkada serentak 2017 yang tinggal 15 hari lagi. Gatot sudah meminta jajarannya untuk merespons setiap peristiwa dengan cepat.

Plt. Gubernur Babel, Dr Yuswandi A. Temenggung bersama Kepala Badan Kesbangpolinmas Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si
Terpisah, Plt. Gubernur Babel, didampingi Kepala Badan Kesbangpolinmas Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si dan Kasat Pol PP Babel, Harry, dalam wawancaranya kepada humas.babelprov mengatakan, kegiatan ini untuk menyamakan persepsi seluruh unsur penyelenggara juga pemerintah dan aparat penegak hukum dalam melihat persamaan dan kesuksesan tanggal 15 Februari nanti, juga pascapilkada yang tentunya menghadirkan Pemimpin yang betul-betul mengawal tuntutan masyarakat di alam demokrasi. (Lulus)

Sumber : Humas dan Protokol (humas.babelprov.go.id)