Plt Sekda Beltim Harap ASN JFT Segera Diangkat - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Februari 16, 2017

Plt Sekda Beltim Harap ASN JFT Segera Diangkat

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM - Banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang belum diangkat ke dalam Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), mendapatkan perhatian khusus dari Plt. Sekretaris Daerah, Evi Nardi. Ia berharap tahun 2017 ini, semua ASN formasi pengangkatan CPNS awal sebagai JFT, akan bisa segera diangkat.
Plt Sekda Belitung Timur, Evi Nardi (Photo. Diskominfo Beltim).
JFT yang dimaksud adalah jabatan fungsional selain tenaga pendidik, kesehatan, dan penyuluh keluarga berencana. Dari data BKPPD Kabupaten Beltim, saat ini ada sekitar 110 orang PNS yang diangkat dengan formasi awal sebagai JFT dan belum pernah diangkat. 24 orang diantaranya sudah diangkat menjadi pejabat struktural.

"Selama ini kan statusnya tidak jelas, struktural bukan, fungsional belum masuk. Jadinya mereka hanya berada pada jabatan fungsional umum, mau naik pangkat aja agak susah," ungkap Evi kepada Diskominfo Beltim, saat ditemui di ruang Kerjanya, Kamis (16/2).

Menurut Evi, tertundanya pengangkatan ASN JFT selama ini lebih dikarenakan banyaknya jumlah kouta calon peserta diklat dasar pada instansi pembina. Selain itu, beberapa SKPD juga belum sempat mengalokasikan anggaran bagi diklat fungsional tertentu.

"Untuk ikut diklat kadang harus antri dengan PNS dari seluruh Indonesia, ada yang sudah nunggu dari tahun 2010, dan 2011. Tahun ini harus jadi prioritas kita. Kasihan nasib mereka terkatung-katung," katanya.

Terkait beberapa ASN JFT yang sudah diangkat menjadi pejabat struktural, Evi yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPRD Beltim ini mengatakan akan melakukan evaluasi. Ia ingin semuanya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita evaluasi dulu, harus sesuai dengan aturan. Kita tidak ingin jadi masalah di kemudian hari. Perlahan-lahan ini harus dibenahi,” ujarnya.

ASN JFT Akan Diangkat Melalui Inpassing

Ditemui terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Beltim, Zikril mengatakan BKPPD sudah melayangkan surat terkait pengangkatan ASN ke dalam JFT. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Terbaru Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/ Inpassing.
Kepala BKPPD Belitung Timur, Zikril (Photo. Diskominfo Beltim).
"Jadi kawan-kawan ASN yang diangkat dengan formasi jabatan fungsional tertentu tahun 2010 dan 2011, ini ada kesempatan untuk diangkat lewat inpassing. Kalau kemarin-kemarin belum bisa diklat, sekarang bisa langsung diangkat," kata Zikril.

Dalam Suratnya, Zikril meminta kepada seluruh Kepala SKPD di Pemkab Beltim untuk tidak mengusulkan ASN JFT menjadi Pejabat pelaksana tugas (Plt.) hingga turunnya Surat Keputusan Bupati Beltim. Selain itu, Ia mendorong agar pimpinan SKPD menempatkan dan menugaskan PNS sesuai dengan formasi awal perekrutan CPNS.

"Ini berkenaan dengan hak-hak dan kewajiban mereka, perlindungan terhadap profesi ASN. Kalau tetap di Plt-kan masa depan mereka tidak jelas, pangkat, pensiun dan lain
nya," ucapnya.

Mantan Kepala Satpol PP Beltim ini mengaku prihatin melihat nasib ASN JFT. Ia berharap pimpinan SKPD akan mendukung stafnya memperoleh hak-hak kepegawaiannya.

"Mereka kan sama-sama pejabat, kedudukan mereka langsung di bawah Kepala SKPD. Adanya JFT ini kan untuk membantu tugas-tugas pimpinan melalui teknis keahliannya," ujarnya.

Sumber : Diskominfo Beltim
Editor : HK