Rakor Administrasi Kependudukan digelar di Beltim - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Februari 10, 2017

Rakor Administrasi Kependudukan digelar di Beltim

Inradiofm.com, Manggar BELTIM - Berbagai isu strategis di bidang administrasi kependudukan yang ada di Babel di bahas dalam rapat koordinasi bidang administrasi kependudukan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang dihadiri Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza di Kantor Bupati Beltim, Kamis (9/2).
Rakor Administrasi Kependudukan di Beltim, Kamis (9/2).
Berbagai isu strategis yang dibahas dalam rakor tersebut yakni: belum selesainya perekaman e-KTP di Babel, jumlah pencapaian kepemilikan akta kelahiran anak di Babel masih di bawah target nasional, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan belum optimal, masih rendahnya kepemilikan akta pencatatan sipil (akta perkawinan, akta perceraian dan akta kematian).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Sipil Dan Pengendalian Penduduk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hendra Kusumajaya mengatakan perlu strategi yang dilakukan dalam menghadapi kendala dalam pencapaian taget nasional.

“Dari provinsi menginginkan administrasi kependudukan se-Babel mencapai target. Kalau ada kendala di lapangan dapat dipecahkan bersama. Di Kabupaten Kota yang masih kurang seperti, akte kematian dan kelahiran yang masih lemah. Itu harus ditingkatkan, jangan sampai ada yang lolos,” ujar Hendra.

Disisi lain, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengungkapkan penyempurnaan sistem penyelenggaraan administrasi kependudukan Provinsi Babel merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

“Perlu ada penyempurnaan sistem penyelenggaraan sistem administrasi kependudukan di setiap Kabupaten Kota. Oleh karena itu, penyempurnaan sistem penyelenggaraan administrasi kependudukan Provinsi Babel merupakan tugas dan tanggung jawab bersama,” ujar Yuslih.

Lebih lanjut, Yuslih menyampaikan bahwa jumlah penduduk Beltim semester I tahun 2016 sebanyak 116.567 jiwa dengan kepemilikan kartu keluarga sebesar 31.266 (79,51%) dari jumlah kepala keluarga 39.266. Sedangkan kepemilikan KTP Elektronik di Beltim sebanyak 71.173 (84,76%).

Walau banyak isu strategis yang dibahas dalam rakor tersebut, Beltim telah mempunyai catatan yang baik, dimana beberapa waktu yang lalu Beltim mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas kategori daerah yang memiliki kinerja perekaman data E-KP paling cepat dibandingkan daerah lainnya. Selain itu Kabupaten Beltim juga melampaui target nasional tertinggi untuk kepemilikan akte kelahiran. (Ver)

Sumber : Diskominfo Beltim