Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM –Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima Arsip Citra Daerah dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penyerahan arsip dilakukan oleh Direktur Layanan dan Pemanfaatan, Agus Santoso kepada Bupati Beltim, Yuslih Ihza di Auditorum Zahari MZ, Komplek Perkantoran Pemerintah terpadu, Selasa (16/5/2017).

Arsip yang diserahkan berupa softcopy dan foto-foto sejarah Kabupaten Beltim dari masa sebelum kemerdekaan RI. Arsip tersebut sebelumnya diambil oleh ANRI dari Museum Batavia di Belanda.

Arsip Citra Daerah merupakan rumusan dari kearifan lokal yang dimiliki sebuah daerah dan satu kesatuan informasi yang menggambarkan dinamika kolektif sebuah daerah. Materinya disusun berdasarkan arsip baik dalam bentuk teks, peta, maupun foto mengenai sejarah Kabupaten Beltim.

"Penyerahan Citra Daerah ini merupakan program ANRI dalam rangka menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai khasanah arsip statis Kabupaten Beltim yang telah tersimpan di ANRI. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai budaya yang berkembang di lingkunganya, memupuk kebanggaan, dan rasa cinta tanah air," ungkap Agus kepada Diskominfo Beltim.

Ditambahkannya Citra Daerah diterbitkan dengan dukungan data yang terkandung dalam arsip. Citra Daerah merefleksikan bagaimana suatu daerah ikut berperan, memberi warna dan corak dalam sejarah perjalanan bangsa dari masa ke masa.

"Di dalamnya ada informasi yang menggambarkan dinamika kolektif sebuah daerah yang terbentuk di atas kesadaran sejarah yang dialami bersama. Kesadaran sejarah ini diharapkan dapat menjadi landasan moral yang kokoh untuk pijakan melompat ke masa depan," kata Agus.

Kabupaten Beltim sendiri merupakan kabupaten/kota ke 31 se-Indonesia yang menerima Citra Daerah. Untuk Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Kabupaten beltim jadi yang pertama.

"Masih ada 500-an kabupaten/kota yang masih mengantri untuk dapatkan Citra Daerah. Karena kita terkendala keterbatasan anggaran, maka setiap tahunnya tidak banyak yang kita berikan," ujarnya.

Meski begitu, Agus mengungkapkan ANRI senang dan bangga karena dapat memberikan salinan arsip yang terkumpul dalam Citra Daerah Berbentuk softcopy.

"Semoga naskah tersebut dapat memberikan pengetahuan sejarah lainnya mengenai Kabupaten Beltim, juga dapat menambah khasanah arsip bagi Dinas Perpusatakaan," tandasnya. (HK, Sumber : Diskominfo Beltim)

Bottom Ad [Post Page]