Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM - Ratusan pembeli menyerbu stand Pasar Murah di Halaman Kantor Camat Manggar, Rabu (24/5/2017) lalu. Akibatnya, tak sampai tiga jam seluruh bahan pokok yang diperdagangkan habis terjual.

Para pembeli yang didominasi oleh ibu-ibu, tampak dari pagi sabar menanti dibukanya Operasi Pasar Murah. Yang paling banyak diminati adalah minyak goreng kemasan satu liter, begitu dibuka mereka pun langsung menyerbu. Tak hanya membeli satu liter, mayoritas pembeli memborong hingga 5 – 6 liter. Tak heran, dalam kurun dua jam, stok 600 liter minyak goreng dari distributor tak bersisa.

Tak jauh berbeda, komoditas lainnya seperti beras, gula, bahkan sayur mayur dan bumbu-bumbu pun mengalami hal yang sama. Selisih harga Rp 1.000 hingga Rp 2.000 dari harga pasar membuat pasar murah selalu diminati pembeli.

"Alhamdulillah, murah-murah pak barangnya. Makanya kita borong semua," ungkap Sumiati (42) salah seorang pembeli.

Warga Desa Mekar Jaya itu mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah. Meski selisih harga yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan harga di pasar namun bagi wanita yang sehari-jari berdagang kue hal tersebut dapat membuat keuntungannya bertambah. "Lumayan pak, nambah-nambah sikit untong jajak. Mun dapat se tiap ari ade pasar murah," ujar Sumi.

Hal berbeda dialami, Yati (23) ibu muda tersebut, mengaku kecewa lantaran tak kebagian minyak goring. Padahal Ia sengaja pergi jauh-jauh dari Kecamatan Damar ke Manggar untuk membeli minyak goreng.

"Sengaja tadi dak beli minyak di pasar, tau ada pasar murah mau beli di sini. Dak kebagian, sudah diborong semua," ucap Yati.

Namun kekecewaannya sedikit terobati dengan pembelian gula dan beras. Yati pun meminta jika ada pasar murah panitia membatasi jumlah pembelian sehingga banyak masyarakat yang bisa menikmati.

"Kalau bisa sih dibatasi pembeliannya, misalnya minyak goreng cukup 2 liter saja. Cuman tahun ini saya lihat berasnya lebih bagus, bukan beras bulog harganya pun lebih murah," tukasnya.

Kepala Pasar Desa Mekar Jaya, Rustam (45) yang ikut berjualan dalam pasar murah tersebut menyatakan cukup terbantu dengan adanya pasar murah. Bahkan menurutnya pedagang khususnya agen sayur tidak akan rugi dengan adanya pasar murah. "Kita kan tadi pagi sudah berjualan di pasar, ini sisanya kita bawa ke sini. Dari pada masuk coolstorage mending jual lagi," kata Rustam.

Menurut Agen Sayur Mayur di Kecamatan Manggar tersebut, harga sayur yang Ia jual di pasar berbeda jauh dari yang di pasar murah. Rustam mencontohkan cabe rawit lokal, biasa dijual Rp 75 – 80 ribu perkilo, namun saat di pasar murah Ia hanya menjual Rp 60 ribu perkilo. "Dak rugi sebenarnya, itung-itung sekalian sedekah juga. Malah biasanya aku sering bagi-bagikan sayur ke langganan pas di pasar," ungkapnya.

Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengapresiasi partisipasi distributor dan agen pada pasar murah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang sudah turut membantu terlaksananya pasar murah. "Kegiatan bermanfaat seperti ini harus rutin dilaksanakan. Biar harga dan stok bahan pokok di pasar dapat stabil," kata Yuslih.

Dalam pasar murah tahap dua nanti, Yuslih berharap agar jumlah bahan pokok dan distributor yang ikut dapat lebih meningkat. Ia pun meminta agar dinas terkait dapat membatasi jumlah pembelian. "Mudah-mudahan nanti, jumlah barang yang akan dijual dapat lebih banyak. Terus juga kita minta pastisipasi dari distributor lainnya, biar lebih banyak masyarakat yang menikmatinya," kata Yuslih.

Terkait penjualan daging murah untuk umum menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bupati mengatakan sedang mengupayakan agar pihak ke tiga dapat ikut serta. Namun Ia menegaskan daging murah untuk masyarakat pra sejahtera etap terlaksana. "Saya sih inginnya masyarakat kurang dapat daging gratis. Kita liat itung-itungannya nanti. Yang jelas kita subsidi," tukas Yuslih.

Pemkab Beltim akan melaksanakan Pasar Murah tahap ke dua pada Senin (12/6) mendatang. Selain itu 10 hari jelang Idul Fitri, Pemkab akan mendistribusikan paket sembako dan daging beku bagi keluarga kurang mampu. (@2!)

Daftar Harga Bahan Pokok dan Distributor dalam Pasar Murah
No.
Nama Produk
Stok
Harga (Rp)
Distributor
1
Gula Pasir
500 kg
12.500/ kg
Menara Nusantara Prima
2
Minyak Goreng
600 liter
11.000/liter
Menara Nusantara Prima
3
Beras Putih
1 ton
9.000/kg
Dinas Pertanian dan Pangan
4
Beras Merah

12.000/kg
Dinas Pertanian dan Pangan
5
Beras Ketan

13.000/kg
Dinas Pertanian dan Pangan
6
Beras Kemasan
495 kg
9.500/kg
UD. Mawar Jaya
7
Gula
249 kg
12.000/kg
UD. Mawar Jaya
8
Tomat
26 kg
10.000/kg
Rustam Mekar Jaya
9
Cabe besar
8 kg
35.000/kg
Rustam Mekar Jaya
10
Sawi
5 kg
15.000/kg
Rustam Mekar Jaya
11
Bayam
5 kg
15.000/kg
Rustam Mekar Jaya
12
Cabe kecil
6 kg
60.000/kg
Rustam Mekar Jaya
13
Labu
15 kg
7.000/kg
Rustam Mekar Jaya
14
Kangkung
5 kg
10.000/kg
Rustam Mekar Jaya
15
Bawang Putih
4 Kg
40.000/kg
Rustam Mekar Jaya

Bottom Ad [Post Page]