Desa Nibung Berpotensi Jadi Desa Argowisata Durian - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Jumat, Juni 09, 2017

Desa Nibung Berpotensi Jadi Desa Argowisata Durian

INRADIOFM.COM, Puding Besar, BANGKA - Melihat potensi yang ada di Desa Nibung Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka, tak salah kiranya desa yang dipimpin Hendri sebagai kepala desanya mengharapkan menjadi desa yang lebih berkembang dan maju.

"Kita dengan potensi yang ada di desa ini, mengharapkan desa Nibung ini menjadi desa argowisata yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Hendri, Kepala Desa Nibung ketika ditemui pada safari ramadhan Pemkab Bangka, Rabu, (7/6/2017) di masjid Nurul Ikhsan.

Diuraikan Hendri, dirinya berani menyebutkan desa Nibung diharapkan desa argowisata, dikarenakan potensi yang dimiliki Desa Nibung ini sangat besar, terutama buah durian, dan duku serta lainnya.

"Pohon durian kita banyak, kadang kalau menghasilkan, banyak masyarakat desa lainnya datang berkunjung untuk menikmati durian Nibung ini. Kita berkaca pada kunjungan kerja kita ke beberapa daerah seperti di di Malang ada argowisata kebun apel," katanya.

Untuk itu, dengan pengelolaan dan manajemen yang baik, dirinya berharap, perkebunan durian yang dimiliki masyarakat bisa dijadikan daerah argowisata dan bisa menjadi modal untuk menjadi sentral penghasil buah-buahan khususnya durian.

"Hampir tiap rumah mempunyai kebun atau kelekak lukoi, jadi kalau musim durian ini sangat melimpah, dan jika diatur dan diolah dengan baik, bisa menjadi argowisata yang dapat mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Bangka. Selama ini masih sifatnya tradisional, dan panennya tergantung musim. Kita ingin bisa panen sepanjang tahun," ujar Hendri lagi.

Selain potensi untuk menjadi daerah argowisata, Desa Nibung ini juga mempunyao potensi di bidang pertanian dan perikanan.

"Masyarakat mata pencahariannya masih tergantung dengan pertanian, perkebunan, dan perikanan juga, ikan disini yang banyak itu ikan Baung, dan masih enak dan manis dagingnya," katanya.

Pemberdayaan masyarakat juga terus ditingkatkan dengan menyelenggarakan banyak pelatihan yang sifatnya ekonomis dan membantu sesama dengan memanfaatkan dana ADD.

"Kita ingin sinergitas lebih erat, dan yang perlu itu kekompakan untuk membangun pembangunan di desa dengan bantuan dana ADD yang ada. Saya harapkan masyarakat juga berperan aktif dalam membantu pemerintah desa untuk kemajuan desa Nibung. Kita dari pemerintah desa juga mengharapkan masyarakat kreatif dan berkarya untuk majunya desa kita," tukas Hendri. (HK)

Sumber : Pemkab Bangka