Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]


INRADIOFM.COM, Pangkalpinang - Upaya pengawasan terhadap produk makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar terhindar dari penyalahgunaan bahan berbahaya yang dapat merusak kesehatan dan merugikan konsumen yang menkonsumsi makanan tersebut.

berkenaan dengan hal tersebut, Balai Pengawas Obat dan Makanan  ( BPOM ) di Pangkalpinang melakukan pengujian  langsung di tempat terhadap makanan jajanan puasa tersebut, untuk mengetahui apakah  mengandung Bahan Berbahaya atau Bahan Kimia lainnya yang terdapat pada makanan jajanan puasa. Jumat ( 2/6 ).

Kegiatan yang dimulai dengan mengambil sampel dari berbagai titik " Pasar Romadhon " seperti di ruas Jalan Depati Hamzah yaitu Air Itam dan Semabung, seputaran wilayah Masjid Jami, kemudian dilanjutkan di sepanjang Jalan A.Yani dan kemudian secara serentak  langsung melakukan uji terhadap makanan yang telah di peroleh dari para pedagang tersebut untuk dilakukan pengujian langsung.

Mohamad Bagir selaku Kepala Seksi Pemeriksaan Penyidikan Sertifikasi dan Pelayanan Informasi Konsumen
mengatakan setelah melalui beberapa  tahapan proses pengujian dari 93 ( Sembilan Puluh Tiga ) aneka ragam penganan dapat dipastikan bahwa makanan yang di jual kepada masyarakat dinyatakan bebas dari penggunaan  bahan berbahaya dan layak untuk konsumsi masyarakat Pangkalpinang.

" Tahapan proses pengujian telah kita lakukan terhadap makanan yang telah kita peroleh, setelah melakukan rangkaian di peroleh hasil negatif dengan menggunakan ini cepat, namun jika diperoleh hasil positip maka akan kita proses ke tingkatan lebih tinggi dengan melakukan pengujian lebih detail di Laboratorium," terangnya kepada awak media yang menunggu langsung hasil pengujian tersebut.

Selanjutnya, Bagir menambahkan dalam pengujian ini ada 4 ( empat ) Parameter yang dilakukan pertama kita mengidentifikasi dalam makanan tersebut apakah ada unsur seperti : Borax, formalin, Methamil Yellow, dan Rhodamin dimana dalam kandungan makanan tidak terdapat 4 ( empat ) unsur yang membahayakan konsumen.

Kemudian, kepada masyarakat dia menghimbau supaya dapat berhati - hati dalam menkonsumsi makanan, jadilah konsumen yang cerdas teliti sebelum membeli seperti dari  rasa, warna apabila meragukan jangan konsumsi makanan tesebut dan kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis : Erwin

Bottom Ad [Post Page]