Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Sungailiat BANGKA - Memajukan perekonomian desa dilakukan dengan berbagai cara dengan melihat potensi desa yang ada termasuk juga masyarakatnya. Salah satunya Desa Maras Senang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Menurut Kepala Desa Maras Senang, Jawan Efendi, desa yang dipimpinnya sekarang ini mulai menggiatkan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat terutama pkk desanya.

"Kita pertanian, perkebunan terus dikembangkan, namun sekarang ini juga dengan mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang baik dari hasil kunjungan kerja, kita mulai mengembangkan usaha kecil-kecilan untuk membantu ekonomi keluarga dan desa mengembangkan UMKM, dan kita siap bersaing dengan daerah lainnya, dan sekarang ini kami sedang kembangkan dan beri pelatihan juga kepada masyarakat kita, terutama pada ibu-ibu pkk kita," ungkap Jawan, Senin (5/6/2017) di Maras Senang Kecamatan Bakam dalam kegiatan safari ramadhan Pemkab Bangka.

Diuraikan Jawan lagi, sekarang ini yang diperdayakan dan dimanfaatkan adalah potensi industri rumah tangga seperti pembuatan kue, dan juga makanan khas.

"Kita ada beberapa rumah makan, dan Maras Senang ini merupakan desa di tengah-tengah dan merupakan daerah transit bagi para penumpang dari Kabupaten Bangka Barat ke Kabupaten Bangka, Pangkalpinang dan lainnya," katanya.

Kedepan juga, Jawan mengungkapkan, potensi desa dan pemberdayaan masyarakat desanya terus dikembangkan dan tingkatkan.

"Kita terus kembangkan, dan kita jual ke luar desa, dan juga ditampilkan pada pameran Bangka Expo kemarin, sangat terutama sekali, dan sekarang ini juga kita membuka link atau jaringan untuk memperluas promosi dan lainnya," kata Jawan.

Desa Maras Senang merupakan salah satu desa yang menjadi batas antara Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Barat. Dengan potensi desa yang beragam, Desa Maras Desa diharapkan mampu berkembang dan semakin maju dengan memprioritas potensi ekonomi, terutama sektor pertanian, perkebunan, perikanan, home industri dan lainnya.

"Alhamdullilah dengan dana ADD juga dapat membantu perekonomian desa kami, sekarang ini juga kami berikan dan kembangkan pelatihan seperti menjahit, pembuatan tikar, dengan modifikasi yang modern," tukasnya. (HK)

Sumber : Pemkab Bangka

Bottom Ad [Post Page]