UMKM Olahan Hasil Laut Masih Jadi Favorit - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Jumat, Juni 09, 2017

UMKM Olahan Hasil Laut Masih Jadi Favorit

INRADIOFM.COM, Sungailiat, BANGKA - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Bangka terus digiatkan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Di Kabupaten Bangka ini ada banyak usaha kecil dan menengah, kalau secara keseluruhan, ada 52.064 orang yang ada usaha kecil dan menengah ini, " ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka melalui Kasi UMKM, Marliana, Kamis (8/6/2017) di Sungailiat.

Diuraikan Marliana, dari jumlah tersebut, banyak membuka usaha di bidang industri, pertanian, budidaya,  perikanan dan jasa.

"Yang paling banyak itu home industri makanan olahan dari bahan laut, seperti kerupuk, kemplang, keretek, dan sejenisnya yang lain itu juga banyak, kerajinan tangan dan lainnya, Kalau home industri olahan hasil laut banyak di Belinyu dan Sungailiat," jelas Marliana.

Lebih lanjut Marliana mengatakan, menjelang idul fitri atau hari besar keagamaan lainnya, produksi seperti kempleng, keretek atau lainnya, akan meningkat karena banyaknya permintaan dari konsumen.

"Kita akan turun ke lapangan nantinya, biasanya akan banyak permintaan, untuk lebaran atau untuk oleh-oleh untuk mereka yang mudik lebaran, karena banyak yang pulang kampung, " katanya.

Kedepan Marliana juga berharap UMKM yang ada di Kabupaten Bangka bisa meningkat dan mampu bersaing dengan UMKM daerah lain.

"Kita banyak potensi laut, jadi bidang itu lah yang paling banyak, karena potensi laut kita yang besar, dan telah punya nama juga produk kita ini, tinggal meningkatkan saja kualitas dan kuantitas sehingga semakin baik," tukasnya. (HK)

Sumber : Pemkab Bangka