Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]



INRADIOFM.COM, Pangkalpinang - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bangka Belitung menggelar Rapat Persiapan Sarasehan Media Penyiaran Di Kantor KPID Babel, Selasa (11/07/17). Rapat tersebut dibuka oleh Wakil Ketua KPID Babel, Novrian Saputra.

Wakil Ketua KPID Babel, Novrian Saputra mengatakan, Tujuan utama pelaksanaan Sarasehan penyiaran ini adalah untuk menyelaraskan program-program pemerintah provinsi terkait pemberitaan-pemberitan yang dilakukan oleh lembaga penyiaran.

“Selama ini, permasalahan-permasalahan yang KPID tangkap adalah masalah kuantitas. Kuantitas pemberitaan dari lembaga penyiaran masih kurang atau belum cukup, baik itu dari lembaga penyiaran swasta, maupun lembaga penyiaran publik lokal.” Ujarnya

Untuk mengatasi masalah – masalah terkait dengan media penyiaran, KPID Babel ingin merangkum dan nantinya akan menyampaikan masalah – masalah tersebut ke pemerintah daerah.

Dari hasil rapat ini, KPID Menarik kesimpulan bahwa ada beberapa poin yang ingin disampaikan ke pemerintah daerah terkait masalah pola penyiaran. Pola – pola ini nantinya diharapkan bisa menghimpun rekan – rekan media penyiaran, untuk memaksimalkan kualitas maupun kuantitas pemberitaannya. Karena hal ini berkaitan dengan sosisaliasi yang disampaikan oleh pemerintah daerah.

“Sosialisasi yang disampaikan oleh pemerintah daerah alangkah lebih baik dan lebih bagus apabila dimaksimalkan melalui pemberitaan dari lembaga penyiaran itu sendiri.” Ujarnya

Dalam hal ini, fungsi dari media penyiaran sangat penting karena media penyiaran sifatnya dapat langsung memberikan pemberitaan tanpa harus menunggu hingga keesokan harinya.

“Karena pada dasarnya pemberitaan itu seharusnya memberikan informasi yang update dan bisa diterima masyarakat pada saat itu juga.” Ujarnya

Selanjutnya, hasil lain yang didapat dalam Rapat Persiapan Sarasehan Media Penyiaran ini adalah Sarasehan Media Penyiaran akan dilakukan secepat mungkin dan nantinya KPID Babel akan mengundang beberapa narasumber seperti praktisi penyiaran, KPI Pusat, dan Pemerintah Daerah.

Ada tiga poin yang nantinya akan disampaikan, poin pertama yaitu blueprint penyiaran yang memuat sinergitas antara lembaga penyiaran dengan pemerintah daerah dalam pengaturan pola penyiarannya.

Kemudian poin yang kedua yaitu pemerataan lembaga penyiaran terkait pemberitaan sebagai poin penting pemberitaan bagi daerah.

Poin yang ketiga yaitu KPID Babel Ingin meminta rekomendasi dari Pemerintah Daerah tentang kesiapan untuk pelaksanaan rakornas.

“Harapannya dengan dukungan dari pemerintah dalam bentuk rekomendasi, Bangka Belitung Bisa Menjadi Tuan Rumah Rakornas. Dan Rakornas merupakan cikal bakal bagi kita untuk menunjukkan eksistensi penyiaran di Bangka Belitung.” Ujarnya (YJS)

Bottom Ad [Post Page]