Calon Jamaah Haji Gelar Walimatus Safar Jelang Keberangkatan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Agustus 04, 2017

Calon Jamaah Haji Gelar Walimatus Safar Jelang Keberangkatan



INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH - Gelaran acara adat Walimatus Safar bisa kita temui disetiap daerah di Bangka belitung, dimana gelaran Walimatus Saffar ini diperuntukan para jamaah haji, untuk meminta maaf dari kesalahaan yang terdahulu, baik yang di sengaja ataupun tidak di sengaja.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Arief manggu selaku Ketua regu kloter 8 Bangka belitung, ia mengungkapkan acara walimatus safar merupakan sebuah tradisi turun temurun dari masyarakat sebelum para jamaah haji berangkat ke tanah Suci.Dimana para jamaah haji mengundang sanak saudara dan masyarakat untuk meminta restu dalam menunaikan ibadah haji serta meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh para calon jamaah.

Dengan adanya acara ini , para jamaah haji dapat membersihkan diri dan harta , karena Walimatus Safar merupakan cara dan kunci untuk saling memaafkan sesama.

Sementara itu, Arsyaf Suryandi selaku Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Bangka belitung yang hadir dalam acara tersebut Walimatus safar di Desa batu Belubang mengungkapkan, dengan adanya acara Walimatus Safar , tali Silaturahmi antar warga bisa terjaga dengan baik.

Selain itu dengan adanya acara seperti ini, tentu saja dapat memberi siar islam kepada masyrakat dan jamaah haji yang akan beribadah nantinya

Secara harfiah walimatus safar artinya "menjamu" atau "pesta" dalam rangka safar "perjalanan" haji. Tentu yang dimaksud dalam kaitan ini, adalah calon Jamaah haji mengundang sanak saudara, kerabat, dan tetangga untuk hadir dalam acara "pamitan" calon jama'ah dalam menunaikan serangkaian ibadah haji. disamping kalimat pamit, dan permintaan maaf,acara ini juga diisi dengan ceramah atau taushiyah yang berhubungan dengan ibadah haji.

Dimana nantinya akan menjadi motivasi kepada calon-calon jamaah haji lainya yang akan menunaikan ibadah haji dan menjadi sebuah kebaikan untuk seluruh masyarakat di bangka belitung untuk saling memaafkan.

Para jamaah haji ini akan di berangkatkan pada 10 agustus 2017 mendatang, bersamaan dengan rombongan Haji dari Sumatera selatan. (B_Gumay)