Garam Langka, Produsen Ikan Asin Terancam Gulung Tikar - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Agustus 03, 2017

Garam Langka, Produsen Ikan Asin Terancam Gulung Tikar

INRADIOFM, Bangka tengah -Beberapa pekan terakhir, kelangkaan garam terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia, bahkan di beberapa daerah di Bangka belitung pun dirasakan terdampak akan kelangkaan garam ini.

Kelangkaan garam ini pun juga dirasakan para produsen ikan asin, yang menggunakan garam sebagai bahan baku pembuat ikan asin, dan hal tersebut menjadi ketakutan tersendiri bahwa dengan adanya kelangkaan ini, usaha mereka terancam akan gulung tikar.

Salah satu Produsen ikan asin  didusun Batu belubang Bangka tengah mengatakan , adanya penurunan jumlah produksi, terlebih lagi dalam beberapa hari terakhir, akibat sulitnya mendapatkan bahan baku, yaitu garam kasar atau garam krosok sebagai salah satu bahan utama dalam produksi ikan asin.

Akibat kelangkaan inipun, Garam grosok yang sulit didapatkan juga mengalami kenaikan harga yang signifikan, yang juga ikut memicu kenaikan harga jual ikan asin sekitar 20% dari harga sebelumnya.

Rosmaini salahsatu produsen ikan asin mengatakan, Kondisi ini sudah berlangsung kurang dari satu bulan terakhir, sementara untuk stok garam krosok ini sendiri, semakin hari semakin menipis.

Bila kondisi kelangkaan garam ini secara terus menerus terjadi, maka bukan hal tidak mungkin, bila usaha yang sudah puluhan tahun digeluti warga akan terancam gulung tikar.

Saat ini pun warga hanya bisa berharap, pihak pemerintah bisa mengatasi permasalahan ini dengan baik, ungkapnya. (B_Gumay)