Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Kelompok Tani Wanita (KWT) Teratai Permai Kelurahan Lubuk Kelik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan panen demplot kacang tanah di kebun KWT Teratai Permai, Selasa (15/8/2017) lalu. 

Tampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi dan Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi, Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka, H. Suhodo turut memanen kacang tanah milik KWT Teratai Permai ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi mengungkapkan di sela-sela panen, keberadaan KWT Teratai Permai ini bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk memanfaatkan perkarangan rumah dengan membudidayakan tanaman dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari.

"Ini sangat luar biasa, bisa menjadi inovasi bagi Kabupaten Bangka sehingga bisa menambah pendapatan dan meningkatkan kreatifitas sehingga bisa mandiri," ungkap Melati.

Selain itu juga, keberadaan kelompok tani wanita ini merupakan salah satu unsur yang membentuk keluarga yang sejahtera.

"KWT itu biasanya bersenerginya dengan pkk, seperti lomba menu Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman atau B2SA, dan lainnya, dan hal ini dapat dimanfaatkan dari hasil kebun KWT dengan non beras dan non tepung," katanya.

Selain itu juga, Melati mengatakan untuk sekarang ini pemanfaatan pangan lokal harus terus digiatkan dan tingkatkan.

"Geser paradigma, kalau belum makan nasi belum makan, namun tak dipungkiri, kebanyakan orang indonesia, kalau belum makan nasi belum sah, padahal sudah makan macam-macam," katanya.

Diuraikan Melati, dengan adanya diversifikasi pangan, diharapkan Indonesia tidak tergantung dengan beras.

"Kita harapkan panen ini bisa berkembang dan bisa dijadikan produk olahan lainnya seperti tepung, atau dijadikan menu makanan pengganti nasi," harapnya.

Kedepan juga Melati mengharapkan dengan adanya hasil kebun seperti kacang tanah ini, bisa melahirkan inovasi lainnya dan lebih kreatif lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka, H. Suhodo mengatakan, KWT Teratai Permai ini lebih dulu eksis sebelum dibentuk KWT ini.

"Mereka ini sangat gigih dan bersungguh- sungguh ingin maju walaupun belum menerima bantuan seperti membuat rumah bibit," katanya.

H. Suhodo juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka juga sudah mulai dan terus memanfaatkan pangan lokal dengan slogan Senja, Selapis, Rata. Kasi, Jujur dan Sabili untuk mendukung dan menggalakkan pangan lokal.

"Kita sudah memanfaatkan pangan lokal kita dengan telah diluncurkannya slogan pemanfaatan pangan lokal untuk di setiap kegiatan maupun dalam sehari-hari," tukasnya. (HK_Pemkab Bangka)

Bottom Ad [Post Page]