Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Yayasan Masjid Agung Sungailiat, Sabtu (2/9/2017) pagi melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Menurut ketua panitia kurban, Johan, Masjid Agung Sungailiat mempunyai 16 ekor sapi dan dua ekor kambing untuk dikurban.

"Kita yang di hutan wisata Sungailiat ini sebanyak 14 ekor sapi dilakukan penyembelihan, dua ekornya diserahkan kepada Islamic Center Sungailiat, dan dua ekor kambing tetap dilakukan di hutan wisata Sungailiat," ungkap Johan, Sabtu (2/9/2017) di sela-sela penyembelihan.

Dikatakannya, pembagian daging kurban akan dilaksanakan usai dilakukan penyembelihan, dan pembagian oleh panitia kurban Masjid Agung Sungailiat dengan menukarkan kupon, serta ada juga yang diantarkan langsung ke tempatnya.

Sementara itu, drh. Yuhendra dari Dinas Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam tim pemantauan hewan kurban mengungkapkan untuk daging kurban sapi yang dilakukan penyembelihan di Hutan Wisata Sungailiat ini aman dan sehat untuk dikonsumsi.

"Kita telah ikut memeriksa, dagingnya aman dan sehat untuk dikonsumsi, dan layak, kita telah cek sebelum disembelih dan sesudah disembelih tadi, bagus, walaupun kita temukan ada cacing di hati salah satu sapi, namun telah kita pisahkan, dan dagingnya sangat aman dan layak dikonsumsi," ungkap Yuhendra yang didampingi drh. Susilawaty dari Kabupaten Bangka, Sabtu (2/9/2017) di lokasi penyembelihan di Hutan Wisata Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diakui Yuhendra, daging sapi yang dikurbankan ini, sehat dan aman termasuk dalam halalan toyyibah, halal, baik untuk kesehatan," katanya.

Selain itu juga, Yuhendra mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat menyimpan dan memasak daging sapi dengan sempurna sehingga tidak menimbulkan efek lainnya dikarenakan menyimpannya tidak baik dan masaknya tidak sempurna.

"Kan banyakkan daging kurban yang diterima, simpan di frezzer yang listriknya stabil, masaknya juga begitu, harus sempurna matangnya, sehingga tidak menimbulkan efek samping atau ada penyakit," katanya.

Selain itu juga, Yuhendra mengatakan untuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai sejauh ini belum ditemukan sapi yang sakit atau tidak layak dikonsumsi.

"Kita telah cek, semua tim gabungan turun, dari Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, dan lainnya terus memantau dan terjun langsung ke lapangan untuk memantau penyembelihan daging kurban ini, termasuk dari Masjid Agung Sungailiat ini, insyaallah halal toyyibah semuanya," tukas Yuhendra. (HK_Pemkab Bangka)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]