Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM - Seluruh barang konsumsi di Pasar Tradisonal Kurnia Jaya Kecamatan Manggar dipastikan aman untuk di konsumsi. Namun, khusus untuk barang konsumsi yang tidak dalam kemasan, dihimbau agar jangan terlalu lama disimpan.

Hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) di Pasar Mekar Jaya, Kamis (14/9/2017) dan Jum'at (15/9/2017) lalu, menunjukkan tidak ada zat berbahaya pada barang-barang konsumsi yang dijual.

"Totalnya ada 50 sampel barang konsumsi yang kita periksa, 20 dicurigai mengandung zat berbahaya. Namun pas kita lakukan pemeriksaan mendalam, Alhamdulillah semuanya aman," kata Kepala Seksi Pemeriksaan, Penyidikan, Sertifikasi, dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Pangkalpinang, Muhammad Bagir, Jum'at (15/9/2017) lalu.

Bagir menyebutkan produk makanan yang paling sering menggunakan zat berbahaya seperti, bakso daging, bakso ikan, terasi, ikan asin dan mie kuning. Khusus untuk mie kuning, ia menyatakan dapat mengandung boraks, formalin ataupun pewarna sintetis.

"Biasanya mie yang pakai boraks dan formalin relatif lebih kenyal, lebih mengkilap, baunya khas formalin dan warnyanya mencolok. Namun, mie yang ada disini hasilnya negatif," jelas Bagir.

Bagir mengatakan kegiatan pemeriksaan terhadap barang konsumsi dan obat-obatan rutin dilakukan, minimal setiap 6 bulan sekali. Di lapangan, sebelum BPOM melakukan pemeriksaan, tim dari UPTD Pasar dan DPMPTSPP melakukan pemeriksaan awal terhadap barang-barang konsumsi.

"Para pegawai UPTD sudah kita latih sebelumnya. Sampel langsung kita periksa, biar langsung dapat hasilnya," ungkap Bagir.

Meski terbukti aman untuk dikonsumsi namun untuk barang konsumsi yang tidak dalam kemasan dihimbau agar segera digunakan. Hal ini mengingat jika di atas tujuh hari maka dikhawatirkan menjadi tidak layak.

"Untuk penganan olah gunakan yang memiliki izin edar, kecuali yang tidak ada izin edar kayak mie, bakso dll jangan terlalu lama didiamkan. Terus waspada dengan makanan yang berwarna merah, kuning, atau biru biasanya menggunakan zat pewarna tidak alami," terangnya.

Bagi masyarakat yang ingin informasi atau mencurigai adanya makanan, minuman, obat-obatan, jamu, serta kosmetik yang mengandung zat berbahaya dapat menghubungi Unit Layanan Perlindungan Konsumen (ULPK) BPOM di 081279299984. Hasil laporan masyarakat akan langsung ditindak lanjuti oleh BPOM Pangkalpinang.

"Silahkan bisa ditelpon atau lewat aplikasi WhatsApp ke nomor kami tadi. 24 jam, cuman kalau di luar jam kerja agak telat jawabnya," ujar Bagir. (@2!_Diskominfo Beltim)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]