Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]


INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si menghadiri acara Pengukuhan Pengurus dan Musda Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode Tahun 2017 - 2022, Bertempat di Gedung PKK Provinsi Babel, Rabu (20/9/2017).

Kegiatan diawali dengan pembacaan susunan pengurus Dekranasda serta ucapan terimakasih kepada pengurus periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugas dengan segala rasa tanggungjawab yang diemban, dilanjutkan dengan penandatanganan kepengurusan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Babel, Ny H.Melati Erzaldi, S.H, disaksikan Wagub.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si sampaikan wadah organisasi Deskaranada memiliki  posisi strategis dalam pengembangan potensi ekonomi daerah dimana Dekranasda sebagai   mitra pemerintah daerah sebagai penggerak pelaku ekonomi kerakyatan untuk menggali,  mengembangkan, serta menjaga warisan leluhur daerah.

" Pemprov wajib memberikan bantuan dorongan kepada Dewan Kerajinan untuk dapat bersinergi dalam mengembangkan potensi Kerajinan industri dengan melibatkan beberapa Instansi terkait," terangnya dihadapan pengurus yang baru dikukuhkan.

Daerah Babel memiliki warisan budaya multi etnik dan memiliki kearifan lokal beraneka ragam, perbedaan budaya menjadi aset berharga yang dapat dikembangkan pemerintah daerah bersama mitra dalam pemberdayaan masyarakat.

Keterkaitan Pemerintah Daerah  dengan melibatkan sinergitas instansi terkait, seperti : Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Pemberdayaan Desa, dan UMKM dalam rangka upaya peningkatan ekonomi daerah.

" Saya ambil contoh, sebaik apapun produk yang dihasilkan para pengrajin, jika tidak dipublikasi yang dengan baik, masyarakat kurang mengenal produk tersebut, peranan informasi dan promosi  sangat penting dalam pengenalan kepada masyarakat luar," terangnya.

Senada dengan itu, Ikhwan Asrin selaku Wakil Sekretaris Jendral Dekranas dalam sambutanya mengatakan dalam memaknai   Deskranada merupakan  tanggungjawab moral, keikhlasan dan amanah karana pekerjaan ini tidak mengharapkan imbalan berupa materi melainkan rasa tanggungjawab dan kepedulian terhadap pengembangan ekonomi daerah.

"Periode selama lima (5) tahun bukanlah hubungan struktur melainkan hierarki (penanaman modal akherat)," ungkapnya.

Disampaikan Ikhwan adapun tugas dari Dekranasda sendiri adalah mensinergikan kebutuhan pengrajin dengan pemerintah dalam membuat suatu kebijakan dalam membangun ekonomi daerah, menghasilkan kreativitas dalam diri pengrajin serta pengembangan talenta.

Bukan itu saja, Upaya peningkatkan daya saing sehingga memiliki nilai jual suatu produk menjadi bernilai tinggi serta membuka akses pasar baik domestik maupun luar negeri kemudian memiliki tanggungjawab dalam pengunaan bahan baku lokal untuk menghasilkan produk kreativitas. ( Erwin )

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]