Promosi Sport Tourism, KMBC Jajal Trek Air Terjun Bolang Dalil - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Minggu, September 17, 2017

Promosi Sport Tourism, KMBC Jajal Trek Air Terjun Bolang Dalil

INRADIOFM.COM, BANGKA - Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga atau yang dikenal dengan Mens Sana in Corpore Sano, terus dilakukan Karya Makmur Bike Community (KMBC) Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kali ini, grup sepeda ini menjajal trek bersepeda ke Air Terjun Bolang Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, Minggu (17/9/2017).

Berangkat pukul 05.00 WIB usai subuh, KMBC yang beranggotakan 40 orang ini dari berbagai profesi dan latar belakang kumpul di depan Masjid Darul Ulum Desa Air Ruai melakukan nafak tilas untuk menjajal trek bersepeda air terjun Bolang Desa Dalil yang berjarak tempuh kurang lebih 33 kilometer dari Sungailiat. Menuju ke air terjun Bolang Desa Dalil menggunakan sepeda dari Desa Dalil bisa ditempuh kurang lebih satu jam.

"Kita untuk kali ini yang ikut berjumlah 25 orang, menjajal trek bersepeda ke kaki Bukit Maras, menantang treknya, jadi kita coba untuk menaklukannya," ungkap ketua KMBC, H. Bani.

Dikatakan H. Bani, trek air terjun Bolang Desa Dalil ini merupakan kali kedua yang dijajal oleh Tim KMBC.

"Dulu itu kita pernah melakukannya, namun kali ini dengan anggota yang lebih banyak, kita dengan semangat 72 Indonesia Merdeka, ingin menaklukannya lagi," kata H. Bani yang diaminin oleh anggota KMBC lainnya.

Untuk kali ini lanjut KMBC, petualangan atau adventure yang dilakukan KMBC terasa lebih menantang dari awal berangkat sampai menempuh target sasaran.

"Kita lakukan tiga olahraga ini, bersepeda dan jalan kaki juga, kadang lari kecil juga sambil memikul sepeda  seperti triathlon kita lakukan, karena medan atau trek yang dilalui terkadang tidak bisa dilalui dengan sepeda, jadi harus jalan kaki, jalan sambil memikul sepeda," kata H. Bani.

Dikatakannya juga, bersepeda ke Air Tejun Bolang Desa Dalil ini, KMBC juga mengemban misi lain selain berolahraga, yakni ingin mempromosikan Air Terjun Bolang sehingga semakin dikenal dan menjadi tujuan wisatawan juga untuk berkunjung dan melakukan sport tourism ke Air Terjun Bolang Desa Dalil.

"Potensi air terjun ini sangat besar, sangat cocok bagi yang menyenangi adventure, sport tourism, perlu pengembangan dan promosi yang lebih, seperti yang kita lakukan ini, nanti akan kita share atau bagikan ke media sosial atau langsung memberikan informasi kepada teman-teman langsung," kata H. Bani.

Sementara itu, Irwan Habank, salah satu anggota KMBC mengungkapkan, dirinya telah lama ingin menjajal trek bersepeda air terjun Bolang Desa Dalil ini, dikarenakan medannya sangat menantang dan memacu adrenalin juga.

"Ada trek biasa, ada terjal, bahkan harus berjalan sambil pikul sepeda juga karena medannya yang tak bisa dilalui sepeda, melewati alur sungai, sela-sela pepohonan yang tinggi dan besar, batu juga, namun disitulah asyiknya, memacu adrenalin kita yang hobi berpetualang ini," kata Irwan.

Lebih lanjut Irwan juga menuturkan, trek sepeda  air terjun Bolang ini baginya salah satu trek sepeda yang baik dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk berpetualang dengan sepeda.

"Panorama alam yang sangat indah baik menuju maupun di atas air terjun, udara masih sangat segar, bersih, airnya juga bersih, bisa berenang kita setelah bersepeda, dan cocok untuk berolahraga, silahkan mencoba, aman dan bisa menjadi alternatif bagi yang menyukai tantangan," kata Irwan.

KMBC tidak hanya bersepeda juga, namun juga menjalin silahturahmi dengan masyarakat setempat.

"Kita olahraga dapat, silahturahmi dengan masyarakat kita jalin juga, sehingga kesan yang didapat sangat berkesan sekali," kata H. Bani dab teman-teman KMBC yang beristirahat di salah satu rumah warga usai menjajal trek sepeda air terjun Bolang Desa Dalil.

Jadi tunggu apalagi, mari berpetualang ke Air Terjun Bolang Desa Dalil dengan potensi wisata dan keanekaragaman hayati dan faunanya yang sangat memikat. (HK_Pemkab Bangka)

Tidak ada komentar: