Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM – Sebanyak 5 orang pendaftar Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama/ Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mulai mengikuti Pengukuran Kompetensi Managerial (Assesment Center) di Ruang Rapat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Kamis (5/10/2017).
Kelima orang tersebut diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung Sunardi, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Ikhwan Fahrozi, Sekretaris DPRD Evi Nardi, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Liatim, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ernadi.

Sekretaris Panitia Seleksi JPT, Mudiarsono menjelaskan ke lima orang calon Sekda tersebut sebelum sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Total yang mendaftar ikut seleksi terbuka untuk JPT Sekda Beltim hanya 5 orang.  

"Hasil keputusan Pansel (Panitia Seleksi) di Pangkalpinang menyatakan ke lima orang ini lulus seleksi administrasi. Selanjutnya mereka berhak mengikuti assesment," jelas Yayan sapaan akrab Mudiarsono kepada Diskominfo Beltim.

Yayan menjelaskan pelaksanaan assesment akan berlangsung selama dua hari, dari 5 – 6 Oktober 2017. Kegiatan diperkirakan berlangsung dari pagi hingga sore hari.

"Dari pagi, bisa-bisa sampai malam. Tesnya banyak, mulai Pemetaan kompetensi dari bidang teknis dan sosio kultur. Soal testnya bisa ribuan," jelas Yayan.


Salah seorang assesor JPT Pratama Sekda Beltim, Suryadi Utomo mengungkapkan saat assesment center calon Sekda akan diberikan berbagai macam test seperti phisikometritest, simulasi, presentasi, focus grup discussion dan lain-lain. Tujuannya tak lain untuk menggali potensi para calon Sekda.

"Tujuannya guna penilaian tingkat keterampilan, kemampuan dan pengetahuan seseorang. Metode ini dipercaya punya tingkat validitas tinggi, apabila dibandingkan dengan beragam metode lainnya," kata Suryadi.

Mantan PNS Peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu menyebut jika test seleksi untuk JPT Pratama Sekda jauh lebih panjang dan sulit dari pada seleksi untuk jabatan. Mengingat setelah ini mereka akan mengikuti berbagai macam test lainnya seperti penulisan makalah, penelusuran rekam jejak, wawancara dan penyusunan laporan akhir.  

"Kalau kita assesor hanya penilaiannya pas assement test saja. Habis ini nanti akan dilakukan oleh Pansel," ujarnya.

Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekda Beltim akan berlangsung hingga 27 Oktober 2017. Penentuan Sekda baru akan diketahui paling cepat pada 3 November 2017 mendatang. (@2!_Diskominfo Beltim)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]