Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM - Demi peningkatan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tanggal 31 oktober 2017. 

Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016, Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutamapelanggan prabayar sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepadakonsumen serta untuk kepentingan national single identity.

"Saya sangat menyambut positif, ini semua untuk menertibkan para pengguna, pelanggan Telkomselataupun XL serta operator lainnya, cumin ini perlu disosialisasikan lagi, karena masih banyak masyarakat yang ragu ini hoax apa bukan", ucap Kepala Dinas Kominfo Belitung Timur Drs. Hartoyo saat ditemui di ruang kerjanya.

Proses registrasi dimaksud meliputi verifikasi atau penyesuaian data oleh petugas penyelenggara jasatelekomunikasi, validasi ke database Ditjen Dukcapil dan aktivasi nomor pelanggan.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Belitung Timur Ernadi, S.AP juga sangat mendukung atas keluarnyaPeraturan tersebut karena hal ini dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Intinya kami dari Disdukcapil Belitung Timur sangat sepaham dan sependapat dengan Peraturan yang telah dikeluarkan oleh Kemenkominfo RI. Langkah ini jelas merupakan salah satu proses validasi database kependudukan di Indonesia seperti yang sering didengungkan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian DalamNegeri hal ini tentu saja untuk menghindari penyalahgunaan kartu identitas yang merupakan tanggungjawab Dinas Dukcapil Beltim", ujar Ernadi.

Cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#NomorKK#. Informasitersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) dan KK agar validasi kedatabase Ditjen Dukcapil dapat berhasil. (HK_Diskominfo Beltim)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]