Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Kota Tanjungpandan pada September 2017 terjadi deflasi sebesar 0,87 persen, atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 137,94 pada Agustus 2017 menjadi 136,74 pada September 2017.

Tingkat inflasi tahun kalender bulan ini adalah sebesar 1,87 persen dan dengan inflasi tahun ke tahun (September 2017 terhadap September 2016) sebesar 3,83 persen.

Deflasi sebesar 0,87 persen tersebut terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks pada dua kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 4,40 persen dan kelompok sandang sebesar 0,08 persen.

Sedangkan empat kelompok lain yang alami inflasi yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,65 persen kemudian kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar sebesar 0,28 persen, lalu kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,32 persen serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 1,97 persen. Sementara untuk kelompok kesehatan tercatat stabil.

Beberapa komoditas yang alami peningkatan harga pada September 2017 diantaranya adalah tarif angkutan udara, pecel, kain gorden, mainan anak, ikan gembung, susu bayi, susu balita, anggur, garam, apel, pembasmi nyamuk bakar, pampers, sabun cair/pencuci piring, kelapa dan ikan dalam kemasan. Sedangkan komoditas yang alami penurunan harga diantaranya adalah daging ayam ras, ikan kerisi, kangkung, ikan bulat, cumi-cumi, ikan selar, udang basah, bayam, sawi hijau, cabai rawit, bawang putih, ketimun, telur ayam ras, kepiting/rajungan, dan ikan tongkol. (HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]