Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Memberikan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari tridharma pendidikan. Terkait hal tersebut, mahasiswa Universitas Gadjahmada (UGM) Jogjakarta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif Periode Gasal di beberapa desa/ kelurahan di Kabupaten Bangka melakukan berbagai program dan kegiatan nyata yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Mahasiswa KKN-PPM UGM unit Jelitik bersama seluruh warga Jelitik Kecamatan Sungailiat, Minggu pagi  (19/11/2017) menyelenggarakan jalan santai dalam rangka menuju Jelitik Festival. Mengambil rute pantai Teluk Uber Menuju Simpang Teluk Uber - SDN 31 sungailiat, -masuk Jalan Uber Pesona-dan kembali lagi ke pantai.

Jalan santai ini dilepas oleh Sekretaris Camat Sungailiat, Al Imran, enam ratusan orang ikut berpartisipasi dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat dan juga mensukseskan Festival Jelitik yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UGM Jogjakarta Unit Jelitik.

Berbagai hadiah dan doorprize disiapkan untuk peserta jalan santai yang terdiri dari para orang tua, anak-anak dan elemen masyarakat lainnya. Selain itu juga dilakukan senam sehat bersama dalam rangka menyukseskan bulan kesehatan dan program kerja KKN UGM.

Salah satu mahasiswa yang melakukan KKN UGM Jogjakarta di Kelurahan Jelitik, Iqbal menuturkan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan juga KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

"Kita berbaur dengan masyarakat salah satu dengan jalan santai ini, ini merupakan salah satu program kerja kita selama melaksanakan KKN di Kelurahan Jelitik ini," urai Iqbal.

Selain itu juga lanjut Iqbal, kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Gerakan Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan oleh pemerintah, dan mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat sesuai yang dicanangkan Pemkab Bangka dalam program strategisnya.

"Bulan November ini, bulan kesehatan, sudah sepantasnya juga kita mendukung program pemerintah yang berkenaan dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Lebih dari itu juga sambung Iqbal, jalan santai ini merupakan langkah awal untuk mensukseskan kegiatan Jelitik Festival dan berkat dukungan dari berbagai pihak dan sponsor seperti Pemkab Bangka, Honda, Smelter di Jelitik dan juga Bolesa.

"Kita selama KKN ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata baik kepada masyarakat dan juga kepada pemerintah daerah, ide, saran dan juga masukan terus kami berikan sesuai dengan jurusan dan pengalaman kami selama di bangka kuliah, terutama pada pemberdayaan masyarakat," katanya.

Sebanyak 80 mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas mahasiswa UGM Jogjakarta dalam periode Gasal ini melakukan KKN di beberapa desa/kelurahan di Kabupaten Bangka, yakni di desa Kemuja, Penagan, dan kelurahan Jelitik.

Untuk di Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat KKN mahasiswa UGM mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pergerakan UMKM dan Ekonomi Kreatif, Menyongsong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Bangka. (HK_Pemkab Bangka)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]