Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dalam rangka meningkatkan keamanan para pengguna jalan, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menganggarkan Rp 2,5 miliar untuk pemasangan lampu jalan, agar penerangan di sepanjang jalan lebih optimal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Babel Sarjulianto saat ditemui media, Rabu (22/11/2017).

"Di 2018 kita akan memasang 172 unit lampu jalan untuk penerangan, agar para pengguna jalan lebih aman dan nyaman," ungkap Sarju.

Ia menjelaskan, Dishub Babel juga menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk penambahan rambu-rambu dan kelengkapan lalu lintas dijalan, agar para pengguna lebih tertib terhadap peraturan lalu lintas.

"Selain memasang lampu jalan, kita juga akan menambah rambu-rambu dan kelengkapan lalu lintas agar pengguna jalan lebih tertib dan aman," ujarnya.

Sarju menambahkan, setiap tahun, Dishub Babel menganggarkan Rp 800 juta untuk perawatan dan pemeliharaan lampu dan rambu-rambu lalu lintas agar semua kelengkapan lalu lintas dijalan tetap optimal.

"Setiap tahun anggaran perawatan dan pemeliharaan rutin kita untuk lampu jalan dan rambu-rambu lalu lintas selalu kita anggarkan sebesar Rp 800 juta," ujarnya.

Lebih lanjut Sarju mengungkapkan pada 1 Desember 2017, pihaknya akan memasang rambu-rambu lalu lintas di perempatan lampu merah Jalan Depati Hamzah Semabung Pangkalpinang, guna mengantisipasi kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

"Tanggal 1 desember nanti pengguna jalan yang mau menuju Jalan Depati Hamzah Semabung tidak bisa lagi belok kiri langsung karena akan ada rambu-rambu "Dilarang belok kiri" sebelum lampu hijau menyala," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan memasang rambu-rambu "Dilarang belok kiri", pemerintah berupaya mengurangi kemacetan di sepanjang jalan Depati Hamzah Semabung Pangkalpinang saat jam sekolah dan jam kerja.

"Untuk sementara langkah kita hanya memasang rambu-rambu agar dapat mengurangi kemacetan karena jika kita melakukan pelebaran jalan, sudah tidak memungkinkan lagi," ujarnya.

Selain memasang rambu-rambu, kedepan pihaknya juga akan menambah durasi pada lampu hijau agar pengguna jalan merasa lebih nyaman dan tidak lagi terjebak dalam kemacetan.

"Kita juga akan menambah durasi  lampu hijau di perempatan lampu merah Semabung. Selama ini durasi lampu hijau hanya 60 detik, akan kita tambah menjadi 120 detik atau 2 menit," ujarnya.

Sarju berharap, dengan memasang rambu-rambu dan menambah durasi lampu hijau di perempatan tersebut dapat mengurangi kemacetan dan membuat para pengguna jalan lebih aman dan nyaman. (nta)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]