Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Hujan yang terus menguyur Kota Sungailiat dan sekitarnya beberapa minggu terakhir ini membuat jalan dan jembatan di Kabupaten Bangka banyak tergerus air dan menjadi rusak. Hal ini terjadi pada jembatan RT 10 Bukit Betung Kelurahan Bukit Betung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Menurut Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dirinya telah mengetahui jembatan tersebut berlobang dan retak serta ketinggiannya menjadi rendah, akibatnya kendaraan roda empat tidak bisa melewati jembatan tersebut.

"Saya sudah cek ke lapangan dan melihat langsung jembatannya sekitar tiga hari yang lalu, hal ini diakibatkan air yang debitnya cukup deras  melewati jembatan tersebut namun tidak cukup dilalui air. Sekarang ini dipasang tanda pengingat seperti drum dan papan juga dan beberapa daun kelapa untuk menandai yang berlubang" ungkap bupati, Senin (1/1/2018) di Sungailiat.

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut, dirinya telah memerintahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR dan Perhubungan) Kabupaten Bangka untuk segera memperbaikinya sehingga akses jalan dapat normal kembali dan bisa dilalui dengan aman, baik kendaraan roda dua dan empat.

"Saya sudah cek tiga hari yang lalu seusai subuh dan sudah saya telpon pak kadisnya untuk segera memperbaikinya, dan kita akan pakai dana darurat," kata mantan sekda Bangka tersebut.

Diakuinya dengan musim penghujan sekarang ini, dirinya menghimbau masyarakat untuk dapat menjaga dan mewasapadai jika ada jalan, jembatan bahkan infrastruktur lainnya yang rusak akibat aliran air atau sungai yang besar dan menguap.

"Cek dan lapor ke kita langsung jika ada yang rusak, apalagi musim penghujan seperti sekarang, debitnya besar dan sering hujan dini hari menjelang subuh sampai pagi, siang hari, saya harapkan kita terus meningkatkan kewaspadaan terutama yang di dataran rendah, saluran air juga terus dibersihkan, jangan sampai ada sampah menumpuk di saluran yang mengakibatkan saluran tersebut dan menghalangi jalannya air," katanya.

Lebih lanjut Bupati Bangka ini mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Bangka terus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana jalan dan jembatan sehingga dapat mempermudah akses perhubungan dan komunikasi.

"Kita usahakan terus meningkatkan kualitas, baik di desa maupun dalam kota, semoga bisa terus baik kualitasnya karena sapras yang baik merupakan salah satu upaya kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kedepan, Bupati mengharapkan masyarakat dapat menjaga alam sehingga terjadi keseimbangan alam yang dapat mencegah erosi dan kerusakan alam.

"Ini alam sudah banyak yang berubah, sekarang kita upayakan untuk menjaga alam, dengan menjaga vegitasi alam dan lingkungan termasuk juga erosi tanah, semoga dapat kita jaga," katanya.

Sementara itu salah satu warga Bukit Betung, Wiwi, dirinya selalu melewati jembatan tersebut setiap hari dan cukup menganggu juga.

"Semoga segera diperbaiki dan dapat mempermudah aktivitas warga terutama yang berkendaraan, pakai sepeda motor juga mesti hati-hati," ungkap Wiwi yang sehari-hari bekerja di Kantor Samsat Sungailiat.

Untuk sekarang ini, dirinya memutar jalannya untuk lebih aman dalam berkendaraan.

"Untunglah banyak jalan alternatifnya di sekitar Bukit Betung ini,  jadi bisa mempermudah jalan masyarakat untuk beraktivitas dan dapat segera diperbaiki, karena bahaya juga jika lama diperbaikinya," kata Wiwi. (HK_Pemkab Bangka)

Foto : (Jembatan RT 10 Bukit Betung yang rusak akibat tergerus air).

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]