Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]


INRADIOFM.COMPangkalpinang - Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bambang Hendroyono menyampaikan rencana relokasi Hutan Tanaman Industri dari Provinsi Sumsel Ke Bangka Belitung merupakan upaya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah secara luas.

Hal ini disampaikan Sekjen Kementerian, sesaat setelah selesai mengadakan pertemuan bersama Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, di ruang kerja Wagub, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (3/01/2018).

Dalam kesempatan tersebut Beliau menyampaikan secara Nasional, Indonesia mengalami persoalan lingkungan yaitu masalah kebakaran hutan yang memerlukan penanganan khusus dalam mengatasi kerusakan ekosistem alam terutama hutan.

Karaktertistik hutan gambut dibeberapa wilayah, khususnya di tujuh wilayah di Indonesia termasuk daerah Sumatera Selatan, Riau Jambi, Papua, serta Pulau Kalimantan perlu dilakukan pemulihan ekosistem gambut dalam meminimalisir terjadinya kebakaran, maka diperlukan pendekatan lingkungan untuk menjaga ekosistem lingkungan gambut tersebut.

"Terdapat beberapa jenis tanaman pohon hutan yang tidak boleh lagi ditanami di wilayah tersebut karena dapat merusak keseimbangan ekosistem alam, seperti persoalan ketersediaan sumber air, maka itu diperlukan areal pengganti," terang Sekjen.

Kemudian, Beliau mengatakan untuk menggantikan lahan pengganti dilakukan di  semua Provinsidi di Indonesia, dimana wilayah Hutan Tanaman Industri yang tidak berjalan karena sesuatu hal agar dapat ditanami dan diolah kembali untuk memulihkan hutan agar dapat menghasilkan nilai ekonomis.

"Pemulihan lahan serta penanaman pohon hasil kayu agar dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi pelaku industri maupun masyarakat sekitar, dengan konsep pemberdayaan masyarakat dengan tetap melakukan kajian secara dalam untuk meningkatkan pemanfaatan hutan produksi bagi masyarakat," terangnya. (Erw).

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]