LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mempunyai peran penting dalam memajukan desa. Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka, Arman Agus mengungkapkan keberadaan BUMDes diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan dan memajukan perekonomian masyarakat desa.

"Tahun 2018 ini, desa harus mempunyai BUMDes dan diharapkan mampu memberdayakan potensi lokal masyarakat dengan menciptakan produk unggulan atau One Village One Product sehingga bisa menjadi ikon desanya," ungkap Arman, Kamis (15/2/2018).

Diuraikannya, BUMDes dapat menjadi salah satu badan atau wadah untuk mengelola produk desa sehingga dapat memiliki nilai tambah secara ekonomis. Selain itu, ia mengharapkan produk desa yang menjadi unggulan diharapkan dapat dikenal luas oleh masyarakat bukan hanya dalam daerahnya saja.

Dengan adanya momen seperti Bangka Expo, atau pameran lainnya diharapkan produk unggulan desa dapat ditampilkan dan menjadi ikon desa sehingga dikenal luas oleh masyarakat. Festival makanan juga dapat dijadikan ajang promosi untuk pemasaran produk desa, seperti desa Air Duren dan Balun ijuk dengan nanasnya, desa Kimak dengan teh daun Pelawan, desa Banyuasin dengan ketela birunya, dan masih banyak lainnya yang dapat dijadikan produk unggulan desa seperti yang diharapkan oleh Bupati Bangka. "Kita ingin dengan anggaran dana desa yang besar, diharapkan unsur desa bisa memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat desa," katanya.

Desa sekarang ini harus dapat membangun desanya dengan memanfaatkan ADD (Alokasi Dana Desa). Dimana ada empat hal yang harus dimiliki desa yaitu adanya embung, sarana dan prasarana, BUMDes dan One Village One Product.

"Kita dari pihak sospemdes terus mendorong sehingga desa bisa terus berkarya, dan kreatif untuk kepentingan masyarakat dan desanya, salah satunya dengan keberadaan BUMDes dan produk unggulan tersebut," terangnya. (HK_Pemkab Bangka)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]