Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COMManggar, BELTIM – Nanang Firmansyah (38), mengaku sangat terbantu dengan adanya program GISA. Warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar itu merupakan salah satu dari tiga keluarga yang memperoleh Akta, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga terbaru begitu anaknya lahir di RSUD Beltim.

"Alhamdulillah dengan adanya kepengurusan Capil di RSUD ini, rasanya sangat terbantu. Dak perlu jauh-jauh, di ruangan kebidanan inilah cukup ngurusnya," ungkap Nanang di Ruang Neonatal RSUD Beltim, Rabu (28/2/2018).

Menurut Nanang pengurusannya sangat mudah dan cepat. Ia pun tak perlu repot bolak balik mengurus administrasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Jadinya jauh lebih cepat, dua hari sudah selesai. Syaratnya pun mudah, aman ringkas dak menyulitkan masyarakat kalau kayak gini," ungkap Nanang.

Sementara itu, Direktur RSUD Beltim Cahyo Purnomo mengatakan RSUD Beltim memang sudah menyiapkan meja pelayanan khusus untuk kepengurusan administrasi kependudukan. Letaknya tepat berada di samping pintu masuk Ruang Neonatal Kebidanan RSUD Beltim.

"Khusus satu orang pegawai dari Capil kita tempatkan di sini. Memang belum ada namanya di meja, tapi nanti akan kita taroh," ujarnya.

Layanan adminsitrasi kependudukan di RSUD Beltim akan melayani masyarakat saat jam kerja saja. Namun, jika ada pasien atau keluarga yang membutuhkan piket bidan yang bertugas akan membantu melaporkan kepada Disdukcapil.

"Kalau ada yang melahirkan malam-malam nanti bidannya langsung melaporkan. Kita juga tetap bantu biar mudah pengurusannya," kata Cahyo.

Program GISA Jadi Andalan Pada Lombakan Pelayanan Publik

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Susana Linggawati mengatakan Program GISA akan diajukan untuk kompetisi penilaian Lomba Inovasi Pelayanan Publik. GISA menjadi salah satu andalan program Inovasi dari Kabupaten Beltim pada lomba yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tahun 2018 ini.

"Inikan salah satu program inovasi kita yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Nah program yang baru launching ini andalan kita," kata Susi sapaan akrab Susana.

Lomba yang akan digelar pada Juli 2018 mendatang itu bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan. Inovasi yang baik tersebut dapat ditularkan ke instansi lainnya.

"Kita punya banyak program inovasi yang akan kita ikut sertakan. Yang lain misalnya penanaman kembali mangrove Dinas Perikanan. Kalau mau data lengkapnya ada di kantor," ujarnya. (@2!_HK)

Penulis: Fazui Akbar-Diskominfo Beltim
Foto: Azy-Diskominfo Beltim
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]