Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bangka H. Padli mengungkapkan sejauh ini Kabupaten Bangka masih kekurangan guru.

Diakuinya, untuk tahun 2018 ini ada guru yang akan pensiun sebanyak 55 orang, dan jika tidak diangkat, kabupaten Bangka akan kekurangan guru terutama untuk guru SD dan SMP.

"Kita telah mengajukan ke pusat, dan jika disetujui, kita memberdayakan guru komite yang dibiayai oleh sekolah diatas Rp 600 ribu sebulan,," ungkap Padli, Jumat (9/2/18) di Sungailiat.

Dikatakan mantan Kabag Humas dan Protokol Setda, Kabupaten Bangka yang kurang guru pada tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dan hal menjadi pekerjaan rumah bersama dalam memenuhi kebutuhan guru terutama di daerah. Lebih lanjut dijelaskannya, untuk sekarang ini jika dilihat dari jumlah siswa, jumlah guru di seluruh Indonesia ada 39 juta.

"Jadi kita dihitung dengan jumlah gurunya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2017 yang kemarin, basis siswa kita 20 sampai 29, jadi satu SD itu satu guru banding 23 dianggap ideal tapi di daerah tidak mungkin karena banyak guru yang pensiun dan masih membutuhkan banyak guru," kata Padli.

Selain itu juga, Padli menambahkan untuk tahun ini akan ada pengangkatan guru, dan jika lulus akan ditempatkan, dan jika ada guru yang berprestasi bagus juga akan dibantu dan hal ini juga sudah dibicarakan oleh Wakil Presiden, Menteri Pendidikan dan lainnya.

"Semoga permasalahan ini dapat segera diselesaikan, karena peran guru ini sangat vital dalam mencerdaskan anak bangsa. Kita terus prioritas sektor pendidikan ini dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik," tutur Padli. (HK-Pemkab Bangka)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]