LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Terjadinya kecelakaan terhadap para pekerja pada lingkungan kerja disebabkan beberapa persoalan, diantaranya kurang optimalnya pengawasan pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta perilaku K3 itu sendiri pada lingkungan kerja.

Permasalahan ini disampaikan M. Hanif Dhakiri, Menteri Tenaga Kerja RI, saat memberikan sambutan pada acara Apel Bendera Bulan K3 Nasional, Bertempat di lapangan PLTU Air Anyir, Kamis (1/2/2018).


Menurut Menteri, saat ini pemerintah tengah gencar dalam membangun infrastruktur dan sarana penunjang produktivitas nasional dengan tujuan untuk pemeratakan ekonomi, sebab itu Aspek  (K3) pada  lingkungan kerja tidak boleh terabaikan.


" kita meminta kepada seluruh perusahaan, baik dipemerintah maupun swasta untuk benar benar memastikan masalah norma ketenagakerjaan dan K3 ini serta perusahaan dan serikat pekerja terus membina para pekerja juga untuk memiliki kesadaran mengenai kesehatan dan keselamatan kerja," terangnya.


Untuk itu, Kementrian Ketenagakerjaan sebagai leading sector atau pemegang kebijakan Nasional tentang K3, sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3.


Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, lembaga, Serikat Pekerja, dan masyarakat industri berkewajiban untuk berperan aktif dalam menangani permasalahan ini sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing untuk terus menerus melakukan berbagai upaya dibidang K3.


" semua pihak harus saling bekerjasama agar budaya K3 benar-benar terwujud, K3  harus menjadi bagian dari budaya kerja," papar Menteri.


Bukan hanya itu, Kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja bukan hanya menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa serta gangguan kesehatan bagi pekerja tetapi dapat menggangu proses produksi secara menyeluruh bahkan merusak lingkungan yang akhirnya berdampak luas kepada masyarakat. (Erwin)


Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]