Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu, (21/2/2018) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di ruang pertemuan BPKP Babel. Rakor yang diikuti oleh seluruh inspektur dan koordinator pengawasan se-Bangka Belitung ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas para Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan Pemprov Babel.

"Rakor ini upaya kita untuk mencapai target maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kapabilitas APIP level 3 yang ada pada lembaga BPKP dan semua inspektur," ujar Kepala BPKP Babel, Raden Suhartono saat Rakor berlangsung.

Ia juga menjelaskan strategi untuk akselerasi ini dilakukan melalui peningkatan koordinasi dengan kemampuan yang kapabel dan berkompetensi. Sehingga Auditor bisa menerapkan audit berbasis resiko atau kinerja agar elemen penilaian bisa mencapai level tiga. Yang mana dalam penilaian teraebut terdapat salah satu unsur yakni pelayanan dan pengelolaan SDM.

"Elemen penilaian meliputi peran dan layanan APIP, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajrmen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, struktur dan tata kelola," ungkapnya.

Dalam Rakor tersebut, Raden juga berharap agar APIP dapat menjadi mata dan telinga kepala daerah dalam penerapan tugas yang dilakukan aehingga APIP bisa menjadi early warning sistem bagi Pemprov Babel.
    
"Dari sisi pengawasan atas pengelolaan keuangan daerah, APIP diharapkan bisa menjadi mata dan telinga kepala daerah. Namun bukan berarti mengikuti apa maunya kepala daerah, tapi menjadi early warning sistem atau orang yang paling pertama meniup peluit," harapnya.

Dalam rakor yang berlangsung selama satu hari tersebut, para APIP menerima paparan materi mengenai strategi akselerasi pencapaian kapabilitas APIP dan maturitas SPIP level 3, sosialisasi aplikasi sistem informasi pengelolaan resiko, review pengelolaan anggaran dan penggunaan dana desa triwulan IV tahun 2017, implementasi SIMDA perencanaan dan evaluasi atas implementasi sistem keuangan desa. (nta)

Penulis : Tri Dianita
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]