LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika menyampaikan program peningkatan sektor pertanian yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah dapat mendukung pengendalian inflasi pangan baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi pertanian.

"Bangka Belitung memiliki potensi yang baik dalam pengembangan sektor pertanian, tercatat lahan pertanian di Bangka Belitung seluas 1.186,65 km2 dari total luas wilayah daratan Bangka Belitung 16.424,23 km2," paparnya, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, salah satu kendala dalam pengembangan sektor pertanian di Bangka Belitung adalah kondisi tanah di Bangka Belitung yang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dan unsur hara yang rendah di beberapa lokasi bekas tambang.

"Kendati demikian, kendala tersebut dapat ditanggulangi melalui berbagai metode pengolahan lahan pertanian, salah satunya adalah melalui integrasi pertanian dan peternakan yang diharapkan dapat meningkatkan unsur hara pertanian," jelasnya.

Beberapa langkah dapat dilakukan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan subsektor pertanian ini, antara lain; program pemberdayaan petani, penyediaan sarana prasarana pertanian yang memadai, pemanfaatan asuransi pertanian, pembiayaan dan keuangan inklusif kepada petani, optimalisasi cadangan pangan dan tempat pelelangan pangan, pengembangan jaringan informasi harga untuk mengatasi asymetric information serta pengembangan industri nilai tambah pertanian.

"Melalui optimalisasi subsektor pertanian ini diharapkan dapat mendukung baik pertumbuhan ekonomi, terjaganya stabilitas inflasi serta peningkatan kesejahteraan petani lokal di Bangka Belitung," ungkap Tantan. (Erw)

Penulis : Erwin Gunawan
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]