LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COMPANGKALPINANG 21 Februari dinyatakan sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional oleh UNESCO pada tanggal 17 November 1999. Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melakukan aksi pembagian kamus kecil berjudul "Bahasa di Saku" secara gratis, Jumat (23/2/2018) sore, untuk memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional tersebut.

Acara pembagian Buku Saku yang diberikan kepada para pengendara motor dan mobil yang dilakukan secara langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Hidayatullah Astar, didampingi Pjs Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin dan para Duta Bahasa Bangka Belitung, di Perempatan lampu Merah Semabung Pangkalpinang.

Ditemui di sela-sela kegiatan itu, Kepala Kantor Bahasa Babel Hidayatullah Astar
mengatakan untuk memaknai Hari Bahasa Ibu Internasional ini, dirinya mengajak masyarakat daerah Bangka Belitung terutama kepada generasi muda untuk selalu dapat melestarikan bahasa daerah, dengan mengutamakan bahasa Indonesia, serta kuasai bahasa asing. "Kepedulian dan semangat masyarakat untuk mengingat bahasa ibunya yang merupakan bahasa pertama kali dikenal ketika lahir di dunia, sangatlah penting dalam melestarikan budaya bahasa tersebut," terangnya.

Dilanjutkannya, Bahasa lokal dapat membawa makna bahwa bahasa merupakan suatu gambaran kehidupan, hilang bahasa melayu Bangka, hilang pula adat budaya masyarakat tersebut.

Bahasa adalah pusat interaksi dalam kehidupan sosial, ekonomi dan budaya. Bahasa juga turut menentukan dapat menyempurnakan pembangunan ekonomi di era global yang mengutamakan ilmu pengetahuan dan wawasan lokal.

Dewasa ini, tantangan pengelolaan tata bahasa sungguh berat, arus globalisasi yang kuat mengakibatkan kalangan generasi muda lebih menyukai bahasa asing dibandingkan bahasa ibunya (lokal).

"Upaya menumbuhkan kembali pintu kesadaran masyarakat, kita tidak dapat berdiam diri. Semangat melestarikan jati diri lokal dan terus memberikan motivasi kepada generasi muda pelopor untuk dapat melestarikan kearifan lokal," harapnya. (Erwin).

Penulis : Erwin Gunawan
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]