Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Pjs Walikota Kota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin meminta kepada pihak Kantor Bahasa Bangka Belitung untuk dapat merangkum, menyusun, serta membukukan kosakata lokal Babel untuk dapat dijadikan sebuah Kamus Bahasa Daerah.

Hal ini disampaikan Asyraf Suryadin kepada Kepala Kantor Bahasa Babel, Hidayatullah Astar ketika beliau menghadiri acara Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, berlokasi diperempatan Lampu Merah Semabung Pangkalpinang, Jumat (23/2/2018).

"Harapan saya, Kantor Bahasa Babel dapat menerbitkan Kamus tebal berbahasa Asing, Indonesia, serta bahasa lokal Melayu Bangka yang bukan hanya bersifat kata - kata saja melainkan dalam satu rangkaian kalimat dan mudah - mudahan kamus ini dapat terbit pada acara konferensi Internasional di Bangka Belitung mendatang," harapnya.

Menurutnya, Kepedulian kita bersama dalam melestarikan bahasa Melayu Bangka merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada seorang ibu, karena bahasa pertama yang didengar dan dikenal oleh kita didapatkan dari seorang Ibu. "Tidak pernah kita kenal bahasa Bapak, yang ada hanya bahasa Ibu," ujarnya.

Disampaikan Beliau, Saat ini penggunaan bahasa disekitar kita pada umumnya menggunakan bahasa asing, seharusnya kita telebih dahulu mengutamakan dan mengedepankan bahasa lokal karena kita tinggal di daerah, bukan dinegera asing karena dengan mengedepankan kearifan lokal merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan jangan sampai tergerus era globalisasi.

"Lihat saja disekitaran kita saat ini, aneka spanduk, baliho, papan nama, kebanyakan mengunakan tulisan berbahasa asing," katanya sambil menunjukkan salah satu papan nama yang menggunakan tulisan asing. (Erwin).

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]