Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Jakarta - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih Juara 1 dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2018. Sonia Fergina Citra asal Kabupaten Belitung dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018 dengan penyematan mahkota oleh Putri Jelita Ibrani, Puteri Indonesia 2017 pada malam grand final, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jum'at (9/3/2018) malam.

Sonia menyisihkan 39 finalis lainnya dari seluruh Indonesia yang telah berjuang mulai dari tingkat provinsi hingga masa karantina di Jakarta, sejak 28 Februari 2018 lalu. Prestasi ini kembali ditorehkan Sonia, setelah Artika Sari Devi mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjuarai ajang pemilihan ini pada tahun 2004 silam.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riva'i mengungkapkan prestasi ini merupakan salah satu kontribusi besar yang positif bagi Bangka Belitung.


"Peraihan ini tidak hanya menjadi kebanggan besar bagi kita. Setelah sekian tahun, akhirnya Bangka Belitung kembali meraih Juara 1 Puteri Indonesia, di tahun 2018 ini. Ini menorehkan prestasi, khususnya bagi Sonia dan tentunya bagi Bangka Belitung," kata Rivai usai acara penobatan.


Menurutnya, malam grand final ini menjadi suatu momentum yang akan menggaungkan nama Bangka Belitung, khususnya dari sisi pariwisata.


"Ini suatu momentum yang sangat membanggakan. Pemberitaan media massa akan kembali menggaungkan nama Bangka Belitung, bahkan kemungkinan tidak hanya nasional, tapi juga internasional. Apalagi nanti akan dilanjutkan dengan ajang Miss Universe. Sangat tepat bagi Bangka Belitung yang sedang menggiatkan upaya promosi pariwisatanya," kata Rivai.


Rivai percaya bahwa Sonia akan mampu mempresentasikan dirinya mewakili Bangka Belitung dengan sangat tepat dan elegan, tanpa meninggalkan kekhasan Bangka Belitung.


"Bangka Belitung ini luar biasa indah. Promosi yang tepat dan jitu akan memberikan dampak positif bagi kepariwisataan kita. Saya percaya Sonia mampu menampilkan dirinya dalam mewakili Bangka Belitung dengan segala kekhasan daerahnya yang indah," tutur Rivai.


Ia pun berpesan agar Sonia tetap rendah hati dan berjiwa besar untuk menghadapi segala sesuatunya, termasuk persiapan menuju ajang Miss Universe 2018 mendatang. Menurutnya, menjalani setiap proses dengan sebaik-baiknya merupakan hal terbaik yang dapat diberikan. Sehingga, setiap kerja keras yang diberikan memiliki makna yang jauh lebih besar.


Selain sebagai Juara 1 ajang bergengsi ini, Sonia juga dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Intelegensia 2018, diikuti Runner Up 1 sekaligus Puteri Indonesia Lingkungan Vania Fitryani, dan Runner Up 2 sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata Wilda Octaviana Situngkir, serta Puteri Indonesia Perdamaian diraih oleh finalis asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Sementara dewan juri yang berperan dalam ajang pemilihan ini, yaitu Kusuma Dewi Susanto, Puan Maharani, Bambang Soesatyo, Imam Nahrawi, Jhoni Darmawan, Kezia Warouw, Ryo Mori, Triawan Munaf, dan Mega Angkasa.


Selain Demi Leigh Nei Peters, malam grand final ini semakin istimewa dengan hadirnya 2 "ratu kecantikan dunia" lainnya, yakni Miss Supranational 2017 Jenny Kim dan Miss International 2017 Kevin Liliana.


Atas prestasinya, Sonia yang merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara ini berhak mendapatkan hadiah senilai 109 juta rupiah dan 1 unit mobil, serta beasiswa pasca sarjana dari PPM School of Management. Selanjutnya, Sonia juga akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Miss Universe 2018 mendatang.


Penulis : Ernawati Arif

Sumber : Disbudpar Babel
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]