Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maksimalkan koordinasi antar lembaga daerah, dengan membentuk tim penanggulangan bencana yang melibatkan unsur dari Perangkat Daerah, Organisasi Kepemudaan, TNI/POLRI, tim pemuda tangguh serta relawan penanggulangan bencana.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa, usai memberikan materi pada acara Pembekalan Penanggulangan Bencana, di Cordela Hotel Pangkalpinang, Rabu (7/3/2018).

Kegiatan tersebut diikuti perangkat daerah BPBD serta melibatkan aparatur daerah baik di tingkat kecamatan, kelurahan serta masyarakat umum. Mikron Antariksa menambahkan, dalam pembekalan penanggulangan bencana itu ada lima kebijakan yang dituangkan, diantaranya menjalin komunikasi, pemberdayaan masyarakat, penyediaan logistik, SDM  serta pemulihan pasca bencana.

Dalam kebijakan komunikasi, diakuinya perlu adanya koordinasi yang efektif dengan seluruh lembaga dalam penanggulangan bencana, serta pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan agar masyarakat mengerti langkah-langkah penanggulangan dan akrab terhadap bencana.

Selanjutnya ia menegaskan untuk ketersediaan logistik dan peralatan haruslah dalam kondisi baik, untuk mencapai hal itu, BPBD Bangka Belitung akan melakukan koordinasi dengan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di pusat.

"Selain itu, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan potensial dalam menghadapi bencana, tanggap dalam pemulihan mental korban bencana, perbaikan infrastruktur serta perekonomian pasca bencana," harapnya. (Erw_HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]