Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Kepala Dinas Kominfo Bangka Belitung Sudarman mengatakan, era digitalisasi yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi internet, dapat berdampak sangat luas didalam menunjang pertumbuhan ekonomi sebuah daerah menjadi lebih baik kedepan.

Hal ini disampaikannya dalam wawancara eksklusif di program Cerudik, dengan tema Internet Peluang Usaha Baru Bagi Warga Babel, pada Senin (5/3/2018) malam.

Ia juga menambahkan, selama ini pemanfaatan internet di Babel masih sebatas media untuk bersosialisasi dan membeli produk saja, serta terbilang jarang dipergunakan untuk keperluan usaha dan bisnis.

"Di daerah kita ini, internet masih sebatas untuk beli produk dan bersosialisasi saja. Jarang untuk promosi usaha atau bisnisnya. Padahal pasar yang bisa digaet dari internet ini sangatlah luas," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, masih banyaknya masyarakat yang tetap memilih cara lama dalam mendapatkan penghasilan, yaitu dengan menjual barang mentah ketimbang mengolahnya dan menciptakan pasar baru.

"Contohnya jual pisang. Kita hanya fokus menjual mentahnya saja, misalkan setandan dijual 50 ribu. Kalo misalnya pisang itu diolah jadi kripik atau bentuk lain, bisa jadi keuntungannya dua sampai tiga kali lipat. Apalagi produknya dipromosikan secara online, lebih berlipat lagi keuntungannya dan marketnya pun luas," jelasnya.

Selanjutnya Vincent pengasuh aplikasi BANTUKU menambahkan, era digitalisasi pada dasarnya memberikan jaminan terhadap apa yang banyak orang senangi saat ini, yaitu memberikan beragam kemudahan dan kenyamanan bagi setiap penggunanya.

"Dengan aplikasi BANTUKU, pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang paling dibutuhkannya. Mulai dari tempat wisata, tongkrongan asyik, bahkan sampai tranportasi. Tinggal download saja aplikasinya di PlayStore dan temukan beragam kemudahannya," ungkap Vincent.

Aplikasi BANTUKU, juga dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Bangka Belitung yang ingin mempromosikan produknya, sehingga tidak hanya dikenal di lingkup lokal saja, namun akan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, nasional atau bahkan mancanegara tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

"Jadi silakan bagi para UMKM Babel, bisa memanfaatkan aplikasi kami ini. Untuk prosesnya bisa ditanyakan langsung ke kami di Dinas Kominfo Babel, kompleks perkantoran Gubernur. Nanti tim kita siap membantu," ujarnya lagi.

Di kesempatan yang sama, Tim Cerudik juga mewancarai Sumaidi atau yang akrab dipanggil Pak Wo sebagai salah satu pelaku UMKM Babel.

Ia mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah didalam pemanfaatan internet untuk memajukan kesejahteraan UMKM di Bangka Belitung.

"Untuk kawan-kawan UMKM, jangan alergi teknologi. Mari manfaatkan gadget sebagai media kita melebarkan sayap. Usaha kita bisa menasional bahkan mendunia. Ini sudah tuntutan zaman semua pakai gadget," tegasnya.

Selain itu, Pak Wo juga mengajak para UMKM di Babel untuk tetap terus berinovasi dan berpikiran luas, dan besar didalam memajukan usahanya.

"Walaupun kita ini orang kampung dan tinggal di Kepulauan, tapi kita tetap harus memiliki pikiran besar dan luas. Kalau kita mau maju, kuncinya jangan alergi akan informasi dan teknologi, seperti di era digital saat ini," pesannya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]