LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Babel Erzaldi Rosman, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk tidak hanya patuh terhadap peraturan perpajakan, namun juga dapat menjadi panutan bagi masyarakat disekitarnya.

Hal tersebut dikatakannya, dalam acara Pekan Panutan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) tahun pajak 2017, yang berlangsungdi ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (15/3/2018).

Ia meminta agar masyarakat segera menyampaikan SPT Tahunan PPh OP, sebelum 31 Maret 2018.

"Saya yakin perputaran keuangan di pangkalpinang masih sangat jauh dari pendapatan pajak yang seharusnya. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Babel untuk lebih patuh menjalankan kewajiban perpajakan untuk membantu pembangunan di Babel," ungkap Gubernur.

Ia pun menegaskan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung, agar menjalankan kewajiban perpajakannya dengan benar.

"ASN/PNS jangan sampai ada yang tidak membayar pajak, punya kebun yang ada penghasilannya juga harus dibayar pajaknya, dan dilaporkan di SPT Tahunan, kalau tidak nanti ada sanksi dari DJP," pesannya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung M. Ismiransyah M. Zain, dalam sambutannya menjelaskan tentang kewajiban melaporkan SPT Tahunan secara Benar, Lengkap dan Jelas.

Ia mengatakan penyataan Benar, Lengkap, dan Jelas itu tertuang dalam Pasal 3 Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983, tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, sebagaimana yang telah beberapa kali diubah, dan perubahan terakhir yaitu Undang-undang Nomor 28 tahun 2007 (UU KUP).

Ia juga menjelaskan yang dimaksud pernyataan benar, adalah bahwa SPT yang disampaikan benar dalam perhitungan, benar dalam penerapan peraturan perundang-undangan perpajakan, benar dalam penulisan dan benar-benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

"Misalnya, apakah penghasilan yang dilaporkan sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau belum? Dan apakah penghitungan pajak yang terutang atas penghasilan yang dilaporkan telah benar atau belum berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku," terangnya.

Kemudian yang dimaksud Lengkap, adalah bahwa SPT itu harus diisi dengan lengkap. Ia menjelaskan, SPT dapat dikatakan lengkap jika telah memuat semua unsur-unsur yang berkaitan dengan objek pajak dan unsur-unsur lain yang harus dilaporkan didalam SPT tersebut. Yang dimaksud dengan unsur-unsur lain, yaitu penghasilan yang tidak termasuk objek pajak, penghasilan yang dikenakan PPh final, kekayaan, kewajiban, dan keterangan-keterangan lainnya. Selain itu, SPT harus disampaikan lengkap beserta seluruh lampiran yang dipersyaratkan.

Adapun yang dimaksud Jelas, adalah bahwa SPT harus diisi dengan jelas, dimana SPT harus melaporkan asal-usul atau sumber dari objek pajak dan unsur-unsur lain yang harus dilaporkan.

"Direktorat Jenderal Pajak selain memiliki fungsi pelayanan, juga memiliki fungsi penegakan hukum, oleh karena itu saya menghimbau masyarakat untuk mengisi SPT Tahunannya dengan Benar, Lengkap dan Jelas," tegas Ismiransyah.

Sementara itu, dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan SPT Tahunan Gubernur, Wakil Gubernur, Danrem Garuda Jaya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Kapolda dan Ketua DPRD Babel dengan menggunakan e-Filling.

Selain itu, juga digelar pemberian penghargaan kepada Wajib Pajak (WP), pembayar pajak terbesar di Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Thomas Jusman, Ismael Lim (PD. Agung Putra), Bambang Patijaya, Tjahajono (PD Mulia), Effendi Suryono, Jorodin, Justinus Yusak, Lilian Paulyana, PT. Timah Tbk, CV. Teman Jaya, Bangun Era Sejahtera, Putra Tongga Samudra, PT. PLN (Persero) Wilayah Bangka Belitung, King CO, Abadi Sejahtera, Putra Bungsu Mandiri, PT Maha Karya Konstruksi, KOP. Bumi Makmur dan Tri Selaras Sejahtera, dan acara kemudian ditutup dengan lagu-lagu tradisional Bangka Belitung. (Nit_HK)

Penulis : Tri Dianita
Reporter & Photografer : Tri Dianita
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]