LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise dalam rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selain untuk menghadiri Rakornas PPPA 2018 juga berkesempatan mengunjungi salah satu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di kota Pangkal Pinang yaitu Puskesmas Pasir Putih, Kamis (1/3/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Ibu menteri yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Babel Susanti, dan Pjs Walikota Pangkal Pinang Asyraf Suryadin, melihat langsung tempat pelayanan terhadap kesehatan Ibu dan Anak, untuk memastikan terpenuhnya indikator Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas tersebut.


Menurutnya, 
Indikator yang wajib diimplementasikan sebuah Puskesmas, agar bisa disebut sebagai Puskesmas Ramah Anak, yaitu berupa adanya ruang bermain Anak, ruang tunggu yang terpisah dari ruang sakit, pelayanan ramah kepada Perempuan dan Anak, serta tidak adanya perlakuan kekerasan terhadap pasien Perempuan saat mereka membutuhkan pelayanan kesehatan, baik dari perawat maupun dokter.

Saat berdialog dengan pasien Ibu-ibu hamil, Yohana menyampaikan agar di masa kehamilannya para Ibu dapat secara aktif melakukan pemeriksaan untuk mengontrol kondisi calon bayi agar kesehatan sang Ibu dan calon Anak dapat terjaga dengan baik. Ia pun berpesan agar para Ibu-ibu hamil, untuk tidak malas datang ke Puskesmas untuk melakukan cek kesehatan.

Yohana juga mengatakan Puskesmas memiliki peran penting dalam pemenuhan hak Anak atas kesehatan, sehingga penyelenggaraan Puskesmas Ramah Anak (PRA) merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak.


Ia menyebut Puskesmas Pasir Putih dapat dijadikan Model Puskesmas Ramah Anak untuk meraih masa depan Anak yang berkualitas. Dimana, Puskesmas Ramah Anak (PRA) merupakan sebuah konsep perpaduan, yaitu selain memberikan pelayanan terbaik kepada pasien juga dapat menghadirkan tempat bermain bagi Anak.

Kehadiran Puskesmas Ramah Anak diharapkan dapat melahirkan rasa nyaman, aman, dan juga bersahabat. (Erw_HK)

Penulis : Erwin Gunawan
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]